Setelah 40 Tahun, Sungai di DKI Baru Dikeruk

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengeruk sungai-sungai di Jakarta. Pengerukan yang dilakukan awal November 2008 adalah yang pertama kalinya setelah 40 tahun.

Pengerukan akan dilakukan di 12 sungai di Jakarta. Dana pengerukan berasal dari APBD DKI 2008 sebesar Rp 23 miliar.

Kali atau sungai yang akan dikeruk antara lain Kali Cakung Lama, Kali Petukangan, Kali Cakung, Kali Sentiong Salemba, Kali Tamansari, Kali Apuran Bawah, Kali Apuran Atas, Kali Semanan, Kali Grogol, Kali Krukut, Saluran Warung Jengkol, dan Saluran Sentra Primer.

Pengerukan kali di Jakarta juga dilakukan  dua kapal keruk dari Belanda yang sudah tiba sepekan lalu. Kali yang akan dikeruk dengan alat itu adalah Kali Ancol, Kali Mati, dan Kali Pademangan.
Tiga kali merupakan salah satu dari program prioritas antisipasi banjir di Jakarta selain dari rehabilitasi pintu-pintu air, dan pembangunan proyek Banjir Kanal Timur (BKT)

"Sejak empat puluh tahun baru kali ini seluruh sungai dikeruk. Bayangkan seperti apa gigi manusia jika empat puluh tahun tidak digosok," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Selama ini pengerukan tidak pernah sampai di dasar sungai. Baru kali ini pengerukan lumpur dilakukan hingga ke dasar kali.

Fauzi seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk menjaga agar kali itu tetap steril dari sampah dan lumpur setelah dikeruk diperlukan kesadaran dan dukungan masyarakat.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024