Sidang Demo BBM

Ferry Disidang, Komite Beri Dukungan Moral

VIVAnews – Sidang perdana Sekretaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia, Ferry Juliantoro akan digelar hari ini, Rabu 19 November 2008 pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gadjah Mada, Jakarta.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Ferry dijadikan tersangka aksi kerusuhan demonstrasi kenaikan harga BBM di Jakarta pada 24 Juni 2008. Dia dijerat Pasal 160 KUH Pidana tentang penghasutan, Pasal 170 junto pasal 55 dan 56 tentang tindakan kekerasan, dan Pasal 187 junto 55 dan 56 KUHP tentang pembakaran dengan ancaman 5 tahun penjara.

Menurut Office Manajer Komite Bangkit Indonesia, Syamsul Tengku Ibrahim, beberapa anggota komite akan datang di sidang Ferry. ”Untuk memberikan dukungan moral,” katanya kepada VIVAnews, Rabu 19 November 2008.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Menurut Syamsul, sidang Ferry akan berlangsung menarik. ”Kita ikutin saja, kemungkinan Bang Ferry akan menceritakan apa yang sebenarnya terjadi,” katanya. Ditambahkannya, sampai sekarang komite berpendapat pemidanaan terhadap Ferry adalah permainan politik penguasa untuk membungkam perbedaan pendapat.

Ketika terjadi demo yang berujung pengrusakan, kata Syamsul, Ferry sedang berada di Cina. Syamsul berpendapat apa yang terjadi pada Ferry justru menjadi spirit pada komite untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi pada bangsa, terutama soal kenaikan BBM di pertengahan 2008.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Sebaliknya, polisi menuding Ferry Juliantoro sebagai penyandang dana demonstrasi menolak kenaikan harga BBM. Ferry juga diduga mengotaki demo di depan DPR dan kampus Universitas Katolik Atmajaya Jakarta yang berakhir rusuh.

Selain Ferry, Ketua Komite Bangkit Indonesia, Rizal Ramli juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024