Dua Pejabat KPK Dipindahtugaskan

VIVAnews - Dua pejabat struktural Komisi Pemberantasan Korupsi, yakni Direktur Pengaduan Masyarakat, Akhmad Wiyagus dan Direktur Penyidikan Bambang Widaryatmo, dipindahtugaskan. Keduanya mempunyai andil besar dalam mengusut kasus aliran dana Bank Indonesia sebesar Rp 100 miliar.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Perpindahan tugas mereka tertuang dalam telegram Kepala Kepolisian RI nomor Pol: TR/549/XI/2008 tanggal 14 November 2008. Akmad dan Bambang masuk dalam 38 nama perwira tinggi yang terkena mutasi dan kenaikan pangkat.

Brigjen Bambang Widaryatmo akan menjabat sebagai Kepala Biro Litbang Renbang Markas Besar Kepolisian RI dan AKBP Akhmad Wiyagus akan bertugas sebagai Kapolres Sumedang, Jawa Barat.

Menurut anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch, Emerson Yuntho, pemindahan kedua pejabat komisi antikorupsi itu merupakan bentuk pembuangan orang-orang yang punya andil dalam penanganan kasus korupsi kelas kakap.

"Kedua orang ini punya peranan penting dalam penanganan sejumlah kasus korupsi di KPK khususnya dalam penanganan kasus aliran dana Bank Indonesia, yang salah satunya melibatkan besan Presiden SBY, Aulia Pohan," ujar Emerson, Rabu 19 November 2008.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi, Wiyagus menjabat sebagai Ketua Tim Penyidik kasus aliran dana Bank Indonesia sejak pertama kali kasus tersebut disidik komisi antikorupsi itu.
 
Masih menurut Emerson, apalagi ke depan, Komisi Pemberantasan Korupsi akan menangani kasus mega skandal korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. "Ada banyak cara membuat KPK menjadi kurang bergigi dan mandul. Salah satunya dengan cara halus yaitu menarik orang-orang polisi atau jaksa atau BPKP yang bagus di KPK," tambah Emerson.

ICW, kata dia, mendukung jika kedua pejabat tersebut dipertahankan dalam jabatan struktural di Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurutnya, pimpinan komisi mengambil sikap dengan mengirimkan surat ke Kapolri untuk mempertahankan kedua orang ini karena kinerjanya yang baik.

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024