Transisi Presiden Baru AS

Tom Daschle Menkes Pilihan Obama

VIVAnews - Presiden AS terpilih Barack Obama memilih mantan Senator Tom Daschle sebagai Menteri Kesehatan. Daschle menjadi orang dalam Washington ketiga yang masuk daftar awal pembentukan kabinet Obama yang menjanjikan perubahan.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Pemilihan Daschle untuk memimpin Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan, telah dikonfirmasikan meskipun belum diumumkan, Rabu 19 November 2008. Posisi ini memang bukan jabatan yang bergengsi di kabinet seperti menteri yang memimpin Departemen Keadilan.

Tapi kesehatan akan menjadi bidang yang lebih penting dalam pemerintahan Obama dibandingkan pemerintahan presiden-presiden sebelumnya. Ini akan membuat Daschle menjadi pemain kunci untuk membantu presiden terpilih memenuhi janjinya akan reformasi sektor kesehatan di AS.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Kembalinya mantan Senator South Dakota ini ke pemerintahan akan menjadi upaya memulihkan nama baik baginya. Daschle adalah pemimpin senator Partai Demokrat ketika dikalahkan oleh kandidat Republik John Thune tahun 2004, yang berhasil membujuk pemilih kembali ke rumah, karena Daschle lebih peduli pada Washington daripada masyarakat South Dakota.

Faktanya, Daschle tetap tinggal di ibukota setelah kekalahannya, menjadi penasihat kebijakan publik anggota legislatif, dan kelompok kebijakan publik pada firma hukum dan lobi Alston&Bird.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Daschle tak terdaftar sebagai lobbyist. Dia memberikan saran para kliennya soal berbagai isu termasuk pelayanan kesehatan, pelayanan keuangan, pajak, dan perdagangan, demikian informasi dari situs perusahaan itu.

Perusahaan-perusahaan kesehatan termasuk CVS Caremark, National Association for Home Care and Hospice, Abbot Laboratories and HealthSouth, adalah sebagian dari klien perusahaan lobbying ini.

Daschle yang akan berusia 61 tahun bulan depan, adalah penasihat dekat Obama selama masa kampanye. Dia baru-baru ini menulis buku mengenai usulannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, berjudul “Critical:What We Can Do About The Health Care Crisis”. Dia juga bekerja dengan mantan pemimpin Senator untuk merekomendasikan perluasan perlindungan kesehatan.(AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya