Bank Negara Janji Salurkan Kredit

VIVAnews - Bank-bank milik negara tetap berkomitmen dalam menyalurkan kredit yang sudah dijanjikan.

"Bank BUMN akan menyalurkan pembiayaan untuk mempercepat proyek-proyek yang sudah ada dalam agenda mereka," ujar Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil seusai mengikuti rapat koordinasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis malam, 20 November 2008.

Dalam rapat tersebut, selain para menteri ekonomi, juga hadir Gubernur Bank Indonesia Boediono, serta para direksi bank-bank milik negara. Beberapa di antara mereka adalah Agus Martowardojo, Direktur Utama Mandiri, Gatot Suwondo Dirut Bank Negara Indonesia, dan Sofyan Basir, Dirut Bank Rakyat Indonesia.

Menurut Sofyan, bank-bank pelat merah diminta membantu pemerintah berperan dalam menciptakan aktivitas ekonomi lebih banyak di dalam negeri. "Ini untuk mendorong penciptaan lapangan kerja," katanya.

Di tempat terpisah, Agus Martowardojo mengatakan saat ini dana nganggur di perbankan sekitar Rp 400 triliun. Sedangkan, rasio pinjaman terhadap dana pihak ketiga 79 persen. Kondisi itu menunjukkan bahwa potensi dana perbankan yang bisa disalurkan ke masyarakat cukup besar. "Persoalannya, itu sangat tergantung pada kondisi dunia usaha untuk mencairkannya."

Yang juga bisa dilakukan, menurut dia, adalah penggunaan dana pemerintah di Bank Pembangunan Daerah. Jika pencairan dana pemerintah bisa dipercepat untuk pembangunan, maka itu juga akan membuat dana di masyarakat akan semakin banyak.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB
Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024