Korupsi Mobil Pemadam

Hari Sabarno Bantah Semua Tudingan Oentarto

VIVAnews - Mantan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno kembali menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat 21 November 2008. Ia membantah semua tudingan yang dilontarkan mantan bawahannya, Oentarto Sindung Mawardi terkait kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran di hampir seluruh provinsi Indonesia.

Sebelumnya, mantan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri, Oentarto mengaku bahwa Hari Sabarno yang mengenalkan rekanan, Hengky Samuel Daud, kepada kepala-kepala daerah. Setelah perkenalan, menurut Oentarto, Hari dan Hengky kemudian melobi para kepala daerah dalam proyek pengadaan mobil kebakaran itu.

"Tidak pernah itu," tegas Hari Sabarno saat datang ke kantor komisi antikorupsi itu pada pukul 09.05 WIB. Mengendarai Volvo hitam berplat B 448 HR.

Pak Oentarto juga mengatakan Hengky pernah datangi rumah Anda di Cibubur? "Tidak pernah itu. Dia datang cuma sekali. Setelah hari Raya tahun 2004. Waktu itu saya sudah tidak menjabat sebagai menteri," kata Hari.

Hari menambahkan, ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Oentarto Sindung Mawardi. "Pemeriksaan lanjutan dari yang terdahulu," ujarnya.

Oentarto dijadikan tersangka terkait keluarnya radiogram yang dijadikan dasar dalam pengadaan proyek mobil pemadam di sejumlah daerah. Radiogram itu berisi petunjuk pengadaan alat pemadam kebakaran. Dalam radiogram itu juga disebut mengenai spesifikasi alat yang harus dibeli dan spesifikasi itu hanya dimiliki oleh PT Istana Sarana Raya, milik Hengky Samuel Daud.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Oentarto mengaku radiogram itu dikeluarkannya di bawah ancaman senjata api milik Hengky yang kini menjadi buronan komisi antikorupsi. Hengky beralasan Hari Sabarno, Manteri Departemen Dalam Negeri saat itu, memerintahkan Oentarto segera menandatangani radiogram.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024