PHK 1000 Karyawan Riau Pulp Mulai Hari Ini


VIVAnews - PT Riau Andalan Pulp and Paper (Riau Pulp) mulai hari ini melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.000 karyawan. Selain karena imbas krisis global, Riau Pulp telah mengalami kesulitan pasokan bahan baku sejak dua tahun terakhir.

“Kami terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja 1.000 karyawan sejak hari ini,” kata Direktur Utama Riau Pulp Rudi Fajar dalam jumpa pers di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Jumat 21 November 2008.

Rudi mengatakan, hingga saat ini perseroan belum bisa mendapat kepastian jaminan pasokan kayu yang cukup guna mempertahankan tingkat produksi yang stabil dan efesien.

Sedikitnya pasokan bahan baku yang terjadi dalam dua tahun ini akibat perbedaan interpretasi terhadap peraturan kehutanan.

Selain menurunnya jumlah produksi akibat jarangnya pasokan bahan baku,  perseroan juga mendapat kesulitan biaya produksi yang tinggi. “Dampak krisis global saat ini telah mengakibatkan biaya produksi naik tinggi," katanya.

Segala hak karyawan akibat PHK ini, kata Rudi, akan diberikan sesuai dengan ketentuan perundangan tenaga kerja yang berlaku. Namun Riau Pulp tidak dapat menyebutkan berapa besar dana PHK yang akan dikeluarkan untuk merumahkan 1.000 karyawannya itu. “Kami masih menghitung total dana biaya PHK," kata Rudi.

Selain PHK 1.000 karyawan, Riau Pulp juga akan merumahkan 1.000 karyawannya lagi. Jumlah ini belum termasuk pemutusan hubungan jasa terhadap rekanan yang ada dipekerjakan Riau Pulp yang mencapai ribuan orang. Sedangkan karyawan, Riau Pulp memiliki 4.000 tenaga kerja.

“Kami meminta pemerintah untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang menghambat pasokan kayu,” kata Rudi.

Laporan: Hafiz Hasian/Riau

Realisasi Penyaluran Bansos oleh Pos Indonesia Kuartal I-2024 Capai 60.562 KPM
Ivar Jenner

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah

Ivar Jenner tak bisa dimainkan ketika Timnas Indonesia U-23 melakoni laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis malam WIB.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024