Temuan BPK

Jumlah Penyimpangan Mencapai Rp 19 Triliun

VIVAnews – Dalam empat tahun, sejak 2004 sampai 2008, Badan Pemeriksa Keuangan melaporkan 17 temuannya yang berindikasi pidana kepada polisi.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

”Nilainya Rp 19,37 triliun,” kata Ketua Badan Pemeriksa, Anwar Nasution dalam pidatonya di acara penandatanganan nota kerjasama antara BPK dengan Polisi di Ruang Umar Wirahadikusuma, Gedung BPK, Jumat 21 November 2008.

Menurut Anwar, penandatangan nota kerjasama dengan polisi bertujuan mempercepat proses penegakan hukum terhadap hasil temuan BPK yang memiliki indikasi tindak pidana.  ”Itu untuk mewujudkan tercapainya kepastian hukum,” kata Anwar.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Menurut Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal  Bambang Hendarso Danuri mengatakan nota kerjasama antara BPK dan polisi adalah bentuk komitmen kedua lembaga. ”Polisi akan membantu penegakan hukum dari berbagai temuan tersebut,” katanya.

Diungkapkannya, selama 2007, polisi menangani 256 kasus yang berkaitan dengan temuan BPK dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 170 miliar. Menurut Bambang, sebanyak 92 kasus maju ke penuntutan. ”Namun baru Rp 15 miliar yang bisa diselamatkan,” katanya.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Di tahun 2008, kata Bambang, ada 167 kasus dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 198 miliar, yang ditangani polisi. Sebanyak 78 kasus maju ke penuntutan. ”Yang bisa diselamatkan sebesar Rp 4 miliar,” katanya.

Selain dihadiri Ketua BPK, Kepala Kepolisian Indonesia, penandatanganan nota kerjasama itu juga dihadiri Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) Yunus Husein serta perwakilan dari Mahkamah Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Kejaksaan Agung.

Dukung pemerintah pencapaian ekonomi 2024

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Perlu adanya transformasi struktural dengan kuatkan pasar dalam negeri, sebut saja salah satunya transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024