Dallas Texas

500 Orang Peringati Kematian Kennedy

VIVAnews - Sekitar 500 orang, Sabtu 22 November 2008, memenuhi plaza di kota Dallas Texas, dimana John F.Kennedy ditembak 45 tahun lalu. Semua setuju untuk mengingat saat sangat penting dalam sejarah Amerika ini, meski mereka tak mempercayai sepenuhnya pernyataan resmi pemerintah soal tragedi ini.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Orang-orang berdiri rapat dan menundukkan kepala dalam hening sejenak tepat pukul 12.30 saat Kennedy terbunuh. Beberapa menjajakan memorabilia Kennedy dan melemparkan teori konspirasi kepada pengunjung. Beberapa lainnya yang mengalami secara langsung peristiwa itu, bercerita soal kenangan penembakan itu.

Barbara Koenig (66) dari Pipersville, Pennsylvania berkunjung ke acara itu merupakan sesuatu yang harus dilakukannya. “ Saya ingat peristiwa pembunuhan itu, dan saya selalu ingin mengunjungi tempat ini,” katanya.”Ini adalah perasaan yang menakutkan, Seperti membawamu kembali ke 45 tahun lalu, dan apa yang kamu lakukan dan pikirkan mengenai keseluruhan tragedi itu," kata Koenig.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Di sekitar tempat peringatan, banyak pedagang yang menjajakan koran peringatan peristiwa itu.Ada seseorang yang berkeliling kerumunan dengan membawa tanda mempertanyakan apakah pembunuh Kennedy seorang atau beberapa.

Sekelompok laki-laki dengan setelan jas hitam, lengkap dengan dasi dan alat komunikasi di telinga, berdiri diam menjaga spanduk hitam besar di belakang mereka.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Hari Kennedy terbunuh, adalah saat yang harus dikenang, meski kebenaran peristiwa itu masih belum seutuhnya terkuak,” kata John Judge, Kepala Koalisi Pembunuhan Dalam Politik, organisasi yang berbasis di Washington, yang melakukan penelitian pembunuhan atas alasan politik.

Judge yakin pembunuhan Kennedy adalah konspirasi pemerintah dan bisa dengan mudah dipecahkan bila semua fakta terkuak. “Bila kasus ini diselidiki dengan jujur, atau bila grand jury bisa terbuka, kita bisa mendapatkannya. Saya kira masyarakat ingin mengingat sepotong dari sejarah mereka yang telah dicuri, “ kata Judge.

Hari Sabtu 22 November 2008 itu, dua tanda X berupa cat disemprotkan di jalan, menandai dimana Kennedy tertembak dalam mobil terbuka yang sedang beriringan melewati plaza. Plakat dari National Park Service berdiri di tanah persis di seberang tanda X.(AP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya