RI Kerja Keras Biayai Defisit 2009

VIVAnews - Defisit anggaran 2009 diprediksi melorot jadi 1,1 persen atau Rp 54 triliun. Pemerintah akan sekuat tenaga mencari pembiayaan dengan berbagai kombinasi.

Pembiayaan antara lain dilakukan lewat pasar domestik dan global, bilateral dan multilateral. Untuk bilateral beberapa negara selain Jepang telah dijajaki.

"Prancis confirm dalam program loan mereka untuk membantu. Dari sisi Australia kita sedang dalam proses pembicaraan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di sela investor forum di Jakarta, Selasa 25 November 2008.

Sedangkan lembaga keuangan multilateral yang sudah menyampaikan komitmennya adalah Bank Pembangunan Asia (ADB) sebesar US$ 1,5 miliar yang akan dicairkan secepatnya. "Yang US$ 500 juta subyek untuk capital increase dari ADB sendiri," katanya.

World Bank juga akan memperbesar pinjaman untuk Indonesia. Sedangkan komitmen Islamic Development Bank berupa stand by loan. "Termasuk penjajakan kita untuk membeli sukuk," katanya.

Pemerintah juga siaga jika seandainya pasar modal dan obligasi tidak dalam suasana yang masih dianggap reasonable dari sisi biaya maupun risiko. Jika itu terjadi maka pemerintah akan mencari sumber pembiayaan alternatif.

"Dan itu yang sedang dan terus kita usahakan. Insya Allah kalau semuanya sesuai kita akan umumkan pada saat seluruh kesiapan dari sisi bilateral, multilateral, maupun dari sisi market," katanya.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024