Krisis Politik Thailand

Puluhan WNI Berhasil Tinggalkan Bangkok

VIVAnews - Sekitar 65 warga Indonesia (WNI) yang terjebak berhari-hari di Bangkok, Minggu 30 November 2008, berhasil meninggalkan ibukota Thailand dengan menggunakan pesawat milik maskapai Singapore Airlines. Pesawat milik maskapai penerbangan Singapura tersebut bertolak pukul dua siang waktu setempat dari bandara U-Tapao milik militer Thailand karena Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Don Mueang masih tutup akibat blokade kelompok demonstran.

Demikian ungkap juru bicara Departemen Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, kepada VIVAnews, Senin pagi, 1 Desember 2008. Pada hari yang sama, sekitar 20 warga Indonesia juga terbang kembali ke Indonesia dengan pesawat Thailand Airways. Sebelumnya (Sabtu, 29 November 2008), seorang warga Indonesia sudah kembali dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines.

Pesawat-pesawat yang membawa warga Indonesia tersebut kesemuanya bertolak dari bandara U-Tapao. Bandara yang juga merupakan pangkalan militer ini dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari kota Bangkok.

Sementara pada Sabtu pekan lalu, belasan warga Indonesia telah menempuh jalur darat menuju Kuala Lumpur, Malaysia. “Mereka memang tergabung dalam rombongan tour, sehingga perwakilan Indonesia bisa berkoordinasi dengan biro travel yang mengorganisir mereka,” kata Faizasyah. “Diharapkan saat ini mereka telah berada di Kuala Lumpur,” tambah Faizsyah.

Faizasyah mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri dan pihak-pihak yang terkait sedang berkoordinasi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. “Dalam dua hari ini semoga jumlah warga Indonesia yang masih terdampar di Bangkok, dapat berkurang,” kata Faizasyah.

“Memang banyak yang harus diperjuangkan, dan tidak mungkin kami [pemerintah Indonesia] melakukannya sendiri, sehingga kami terus berkoordinasi dengan pemerintah Thailand,” katanya. Saat ini, menurut Faizasyah, warga Indonesia yang masih terjebak di Bangkok tinggal sekitar 200 orang.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?
Film Demi Si Buah Hati

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh

Film Demi Si Buah Hati bercerita tentang pasangan suami istri Dona dan Yuda, keduanya hidup bahagia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024