PHK Buruh Merebak

Pencairan Jaminan Hari Tua Pekerja Dipercepat

VIVAnews - Pemerintah menjanjikan akan mempercepat proses pencairan jaminan hari tua (JHT) bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan yang menjadi peserta PT Jamsostek.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

"Jika dalam ketentuan prosesnya enam bulan, saya minta dipercepat menjadi sebulan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di Jakarta, Kamis, 4 Desember 2008.

Jaminan hari tua, menurut dia, merupakan hak pekerja yang ikut serta dalam program jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek). Sehingga harus segera diproses dan dipercepat pencairannya.

Selain itu, Erman menambahkan, Jamsostek juga diminta meningkatkan perannya dalam menaikkan daya beli pekerja. "Salah satunya dengan membangun perumahan pekerja, agar biaya untuk tinggal dapat ditekan," ujarnya.

Melalui kebijakan perumahan pekerja tersebut, jelas dia, pemerintah memberikan pinjaman lunak dengan bunga rendah sebesar 3 persen flat per tahun. Bunga tersebut selain untuk perumahan juga untuk bantuan modal bergulir. "Agar pekerja PHK dan dirumahkan tidak menganggur dan bisa menggunakannya untuk buka usaha," tegas Erman.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Departemen Tenaga Kerja memperkirakan pada bulan krisis sampai akhir 2008 akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai 23.927 karyawan.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024