Jakarta Jadi Serbuan Investor Asing


VIVAnews
- Propinsi DKI Jakarta paling diminati para investor untuk membenamkan duitnya di Indonesia.

Ketua BKPM M. Lutfi mengatakan Jakarta merupakan lokasi pemodal asing yang tertinggi dibandingkan dengan daerah lain. Propinsi ini kebanjiran dana investor hingga US$ 9,6 miliar dengan proyek sejumlah 404 proyek.

"Ini bukti kepercayaan investor yang terus meningkat terhadap iklim investasi dan bisnis di Indonesia," ujar Lutfi. Dia berharap pencapaian ini mendorong rasa percaya diri pemerintah, khususnya pemerintah daerah sehingga semakin banyak mengundang investor di masa datang.

Propinsi kedua yang diminati investor adalah Jawa Barat dengan total investasi US$ 2,39 miliar yang terdiri dari 255 proyek. Ketiga, Provinsi Riau sebesar US$ 460,9 juta dengan 8 proyek. Sedangkan, investor asing lainnya tersebar di beberapa provinsi.

Khusus untuk investor dalam negeri (PMDN), meski nilainya menurun 51 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, namun dari sisi jumlah proyek mengalami kenaikan menjadi 210 proyek, dibanding jumlah proyek selama Januari- November 2007 sebesar 148 proyek.

Lokasi utama tujuan penanam modal domestik terdiri dari Provinsi Jawa Barat dengan jumlah investasi sebesar Rp 3,67 triliun yang terdiri dari 52 proyek. Provinsi Jawa Timur menempati peringkat kedua dengan investasi sejumlah RP 2,6 triliun dengan 37 proyek. Sedangkan, Banten di peringkat ketiga dengan nilai investasi Rp 1,9 triliun untuk 29 proyek.

Menurut Ketua BKPM, pertumbuhan investasi selama 11 bulan pada tahun ini mencapai 15,5 persen. Sektor industri yang memberikan kontribusi besar antara lain transportasi, gudang dan komunikasi, industri logam, mesin dan elektronika dan industri otomotif.

"Yang paling menggembirakan rencana penyerapan tenaga kerja dari investasi baru sebanyak 650 ribu orang," katanya.

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam
Dalam Kasus penggerekan kawasan rawan peredaran narkoba, Kampung Muara Bahari Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara menetapkan tujuh tersangka dari 26 orang yang ditangkap.

Kampung Bahari Kembali Diacak-acak Polisi, 7 Bandar Narkoba jadi Tersangka

Selain berbagai jenis narkotika, polisi juga amankan senjata api rakitan, senjata tajam seperti samurai, parang, hingga celurit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024