Depdagri Coret Perda

Fauzi Bowo: Kami Tidak Masalah

VIVAnews - Departemen Dalam Negeri akan mencoret sejumlah peraturan daerah yang diajukan pemerintah provinsi dari berbagai daerah. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tidak keberatan dengan penghapusan peraturan itu.

"Tidak masalah asal jangan yang milik Jakarta," ujar fauzi Bowo.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Fauzi Bowo menambahkan list Perda dan Raperda yang akan dibatalkan memang sudah ada. Namun hal itu masih belum lengkap. Sebab masih banyak yang harus diperbaiki terutama perda mengenai sanksi atau restribusi.

Menurut Fauzi setiap perda mengenai sanksi dan restribusi harusnya disesuaikan. Namun saat ini belum dilakukan, karena masih ada yang sudah tidak relevan untuk diberlakukan.

Saat ditanyai masalah tumpang tindih antara restribusi daerah dan pajak, Fauzi Bowo mengatakan tidak ada. Ada yang perlu dibatalkan dan ada yang perlu disesuaikan, dan ada yang perlu diubah.

"Perlu kerja sama dengan Kadin dan asosiasi, untuk mendapatkan masukan dari mereka," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Pusat membatalkan ribuan peraturan atau perda, dan rancangan peraturan daerah tentang pajak daerah atau rerstibusi daerah yang sudah dikompilasikan hingga 10 desember 2008.

Peraturan Daerah yang dicoret dinilai bertentangan dengan kepentingan nasional dan peraturan perundangan di atasnya. Pasalnya banyak pajak dan restribusi yang dipungut pemerintah daerah yang tidak sesuai dengan kebijakan permerintah pusat.

Sampai 10 Desember 2008 pemerintah pusat telah menerima 11.401 perda dan 2.150 raperda, sementara Departemen Keuangan telah mengevalusi 7.982 perda dan 2.121 tentang
peraturan daerah dan restribusi daerah.

Depkue telah mengevaluasi  pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD), hasilnya 32 persen atau 2.554 perda di rekomendasikan untuk dibatalkan, dan 67 persen atau 1.421 raperda di rekomedasikan untuk di rervisi atau di tolak.

Dari keseluruhan sektor  yang raperdanya paling banyak dibatalkan adalah, sektor Perhubungan 15 persen, sektor Pertanian 13 persen, sektor Perindustrian dan Perdagangan 13 persen. sektor Kehutanan 11 persen.

Sedang provisi yang banyak di batalkan adalah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Juventus vs Lazio

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Duel Lazio vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 30 di Stadion Olimpico, Minggu 31 Maret 2023, pukul 00.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024