Harga BBM Turun Lagi

Pertamina Jamin Stok BBM Aman

VIVAnews - Pertamina menjamin stok bahan bakar minyak bersubsidi di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) aman, menyusul rencana penurunan harga premium dan solar mulai 15 Desember 2008.

Pertamina memastikan gangguan pasokan yang terjadi saat penurunan harga premium 1 Desember lalu tak akan terulang. "Saya jamin pasokan normal," kata Humas Pertamina Anang Rizkani Noor kepada VIVAnews, Minggu 14 Desember 2008.

Pemerintah memutuskan menurunkan kembali harga premium sebesar Rp 500/liter menjadi Rp 5.000/liter dari harga semula Rp 5.500/liter. Sedangkan harga solar turun Rp 700/liter menjadi Rp 4.800/liter. Penurunan harga ini berlaku mulai 15 Desember 2008, pukul 00.00 WIB.

Anang melihat kondisi penurunan saat ini berbeda dengan 1 Desember lalu. Penurunan kali ini dilakukan pemerintah secara tiba-tiba, sedangkan penurunan yang lalu melalui sosialisasi yang cukup lama. "Makanya timbul masalah dengan SPBU yang tidak mau menyimpan banyak stok karena takut rugi," ujarnya.

Kelangkaan premium sempat terjadi karena menjelang penurunan harga premium 1 Desember 2008, banyak SPBU mengurangi stok untuk menekan kerugian. Saat itu, kata Anang, pengurangan stok di SPBU tak ada masalah karena masyarakat juga menunda pembelian hingga harga turun.

Masalah mulai terjadi pada saat harga baru premium diterapkan. Terjadi lonjakan pembelian dari masyarakat terhadap premium. Sedangkan, SPBU gelagapan merespons antusiasme pembeli. "Pada saat itu, hampir semua SPBU meminta jatah ke Pertamina. Padahal kami kan butuh waktu untuk mengisi SPBU berbarengan begini. Kalau penurunan kali ini saya rasa kelangkaan tak akan terjadi," kata Anang.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024