Piala AFF 2008

Motivasi Nurdin & Histeria Penonton

VIVAnews - Beberapa hal mampu membakar semangat dan motivasi tim Indonesia jelang laga krusial lawan Thailand di semifinal Piala AFF 2008. Salah satunya kehadiran Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid di Hotel Sultan, Minggu malam, 14 Desember 2008.

Nurdin menyambangi Charis Yulianto cs di hotel tempat tinggal semntara Tim Merah Putih saat berlaga di Piala AFF 2008. Indonesia akan menjamu Thailand di leg 1 semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008, mulai pukul 19.00 WIB.

Tugas Nurdin tak lain meniupkan semangat buat pasukan Indonesia. Pelatih Indonesia, Benny "Bendol" Dollo, membenarkan hal itu.

"Semalam, Nurdin datang ke hotel menemui para pemain dan pelatih untuk memberikan motivasi. Untuk itu, saya dan para pemain akan berusaha maksimal. Meski sadar, kami tidak akan bisa mengubah sesuatu dalam waktu singkat. Tapi, segala sesuatunya bisa terjadi," kata Bendol jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Senin sore, 15 Desember 2008.
 
Kehadiran Ketua Umum PSSI yang baru saja bebas bersyarat dari LP Cipinang akibat kasus distribusi minyak goreng  itu diharapkan bisa membakar semangat Tim Merah Putih. Pasalnya, Indonesia akan bersua lawan berat, Thailand.

Sayangnya, belum diketahui apakah Nurdin akan memberikan bonus atau tidak jika Indonesia menang. Meski kualitas permainan di atas lapangan lebih menentukan, janji bonus dijamin akan mendarahi permainan Tim Merah Putih.

Tak kalah penting adalah dukungan penonton di SUGBK. Histeria penonton sampai mencapai jumlah 90.000 di pagelaran Piala Asia 2007 lalu membuat tim Indonesia tampil sangat greget, di tengah kepungan macan Asia: Korea Selatan, Arab Saudi dan Bahrain.

Histeria penonton ini seperti menjadi pemain ke-12 buat Tim Merah Putih. Apalagi, kualitas Thailand masih di bawah tiga macan Asia itu.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024