Eksekusi Terpidana Mati

Pengamanan Tak Seheboh Eksekusi Amrozi Cs

VIVAnews - Dalam waktu dekat, Kejaksaan Agung akan mengeksekusi dua terpidana mati yakni Jurit dan Denis. Keduanya akan dieksekusi pada akhir 2008, menunggu akurasi data-data.

Jurit akan dieksekusi di Palembang, sedangkan Jurit akan dieksekusi di Banten.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Juru Bicara Markas Besar Kepolisian Abubakar Nataprawira mengatakan pengamanan terhadap eksekusi keduanya biasa saja. "Untuk narkoba biasa saja, nggak ada heboh-heboh, nggak kayak teroris," katanya di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Selasa 16 Desember 2008.

Ketika mengeksekusi Amrozi Cs yang adalah eksekusi terpidana mati terorisme pertama di Indonesia, polisi menerapkan pengamanan superketat. Tiga Provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten berstatus Siaga I. Selain melibatkan ribuan polisi untuk pengamanan, aparat TNI juga ikut bersiaga.

Pada April 1998, Pengadilan Negeri Sekayu menjatuhkan hukuman mati terhadap Jurit karena dari berdasarkan fakta persidangan terbukti melakukan pembunuhan berencana dengan korban, Soleh bin Zaidan di Banyuasin, Sumatera Selatan pada Mei 1997. Selain itu, dia juga didakwa pembunuhan lainnya dengan korban Arpan bin Cik Din di Banyuasin pada Agustus 1997.

Dalam kasus Arpan, Jurit hanya diganjar penjara seumur hidup.

Kedua pembunuhan itu dilakukan secara sadis dengan memotong leher dan anggota badan korban.

Jurit telah mengajukan permohonan grasi kepada Presiden RI atas keputusan hukuman mati tersebut, tetapi ditolak. Permohonan Peninjauan Kembali yang diajukan juga ditolak Mahkamah Agung. Selama ini, Jurit menjalani masa penahanannya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pakjo, Palembang.

Sedangkan Denis adalah terpidana mati narkotika. Warga negara Nigeria itu dipidana karena membawa satu kilogram heroin ke Indonesia. Dia saat ini ditahan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Seringkali, negara di Asia mengalami fluktuasi yang signifikan dalam berbagai indikator kunci seperti pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan stabilitas politik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024