RUU Badan Hukum Pendidikan

Menkes: Hanya Akan Menyiapkan Bangsa Kuli

VIVAnews - Tidak hanya dari kalangan akademisi, bahkan kekhawatiran yang sama juga dirasakan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, bahwa Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (BHP) hanya akan mempersiapkan Indonesia sebagai bangsa kuli.

"Setelah lulus SMK misalnya terus hanya cari kerja, maka kita hanya akan menjadi bangsa kuli dan kulinya bangsa-bangsa seperti diungkapkan Bung Karno dahulu kala," ujar Siti Fadilah Supari dalam pidatonya, di Munas Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) di Auditorium Fakultas Kedokteran UGMKamis, 18 Desember 2008.

Menkes menambahkan dirinya tidak bisa menerima ketika sebuah langkah pencerdasan pendidikan dilakukan melalui komersialisasi. Komersialisasi pendidikan yang muncul akibat globalisasi liberal memang yang tak bisa dihindari oleh Indonesia.

Namun kondisi ini ungkap menkes tidak sesuai dengan amanat UUD 1945 dalam rangka mencerdaskan bangsa. "Saya ngeri kalau pencerdasan dilakukan melalui sebuah ladang komersialisasi," tegasnya.

Menkes kembali mengingatkan agar dunia pendidikan tinggi mempersiapkan dirinya untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU) agar bisa terbebas dari komersialisasi akibat disahkannya UU BHP. Langkah ini sudah dilakukan di jajaran depkes dan tengah dalam proses bagi seluruh rumah sakit pemerintah di Indonesia.

"Jajaran vertikal Depkes kita sudah melakukan dan dalam proses untuk berbagai rumah sakit daerah Sabang-Merauke. Dengan ini memungkinkan nantinya tidak ada lagi stagnasi pembiayaan," terang Menkes

Laporan: Rahardian/Yogyakarta

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024