Kalla Tegur Gubernur Kalimantan Selatan

"Kok Masih Terhalang Masalah Administrasi?"

VIVAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak berang karena proyek pembangunan industri hulu besi dan baja di Kalimantan Selatan terus tertunda. Padahal, pembahasan proyek pembangunan pabrik seluas 300 hektar itu sudah sering digelar dalam rapat di Jakarta.

"Rapat yang membahas industri hulu di kalimantan ini,sering dilakuan di Jakarta. saya sampai marah kalau ini tertunda terus. Bisa jadi, banyak orang menganggur tahun depan," tegur Jusuf Kalla dalam rapat di Pelindo III, Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu, 20 Desember 2008.

Sebelumnya, Kalla sempat menegur Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin atas tertundanya proyek pembangunan pabrik besi dan baja ini. Proyek pembangunan ini seharusnya sudah berjalan sejak 1,5 tahun yang lalu. Kedatangan Kalla ini untuk meninjau sejauh mana proses proyek pembangunan di lahan selluas 200 hektar ini akan dimulai. Ternyata, proyek ini akan baru dimulai pada Maret 2009.

Kekesalan Kalla tidak sampai disitu saja. Kalla semakin kesal ketika mengetahui semua penyebab tertundanya proyek pembangunan pabrik di atas lahan seluas 300 hektar ini. "Ternyata ditemukan, penundaan itu karena masalah admininstrasi di pusat dan daerah. Negeri ini kok masih terhalang permasalahan administrasi-administrasi semacam itu?" tegas Kalla.

Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin mengatakan, saat ini tanah yang sudah dibebaskan baru 30 hektar di Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Rudy melanjutkan, perusahaan konsorsium untuk membangun proyek ini pun sudah ditetapkan.

Tiga perusahaan konsorsium pembangun proyek hulu industri besi dan baja ini adalah PT Aneka Tambang, PT Krakatau Steel, dan PT Meratus Jaya Iron. "PT Meratus memberikan masukan, proyek ini akan selesai dalam waktu 36 bulan," bela Rudy Arifin saat ditegur Jusuf Kalla.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024