Memahami Nasabah Unik

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@vivanews.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 2553 2563.

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam

--------------------------------------

MASING-MASING customer atau prospek customer adalah unik. Mereka mempunyai permintaan dan kebutuhan yang berbeda-beda sesuai tahapan life cycle di mana dia berada. Untuk itu, ada customer yang hanya membutuhkan jenis produk atau jasa untuk perlindungan kekayaan (wealth protection).

Selain itu, ada juga yang membutuhkan jenis produk atau jasa yang dapat melipatgandakan kekayaan (wealth accumulation). Bahkan, ada di antaranya yang membutuhkan produk atau jasa agar kekayaannya dapat disalurkan dan diwariskan kepada para ahli warisnya ataupun generasi berikutnya dengan baik dan adil (wealth distribution).

Namun, tidak sedikit customer atau prospek customer itu yang membutuhkan keseluruhan dari proses perencanaan keuangan tersebut. Untuk itu, kualitas kompetensi yang diperlukan oleh seorang priority banking officer atau wealth management officer tidak bisa hanya sebatas kemampuan menjual dan menawarkan produk-produk perbankan saja (asset product ataupun liability product).

Tetapi, mereka juga dituntut pengetahuan dan penguasaan yang komprehensif mulai dari prioritas tujuan keuangan customer, profil risiko, return yang diharapkan, aset alokasi hingga bagaimana supaya seluruh kekayaan customer atau prospek customer dapat didistribusikan dengan adil kepada seluruh ahli warisnya.

DKI Jakarta Buka Mudik Gratis ke 19 Kota, Catat Tanggal dan Cara Daftarnya

Hal ini dapat terjawab melalui program pendidikan sertifikasi wealth management yang komprehensif dan berkesinambungan.

Berbicara tentang pendidikan sertifikasi wealth management memang sangat luas, arena proses wealth management mencakup berbagai disiplin ilmu. Artinya, strategi pengembangan produk, teknologi informasi ataupun prosedur dapat lebih mudah diterapkan.

Namun, masalah strategi peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan profesional untuk priority banking officers atau wealth management officers bisa mencapai taraf sebagai seorang wealth manager adalah sesuatu yang tidak hanya membutuhkan investasi  besar, tapi juga sangat time consuming.

Karena itu, untuk dapat mendidik dan melatih sumber daya manusia berkualitas dan menjadi profesional bukan pekerjaan mudah. Proses itu membutuhkan komitmen yang besar dan kuat dari level top management hingga low management. Hal ini pun perlu ditangani secara komprehensif dan terfokus pada sumber daya manuasi yang mempunyai kualifikasi di bidang tersebut.

Namun, terlepas dari semua peluang dan tantangan yang dihadapi, strategi pendidikan dan pelatihan profesional di bidang perencanaan keuangan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para priority banking officers atau wealth management officers merupakan hal mutlak. Harapannya, kita dapat lebih maju lagi dan keluar  sebagai pemenang di era kompetisi global saat ini.

Desi Armadiani, CWM

LPEI Buka Suara soal Dugaan Korupsi Pembiayaan Ekspor Rp2,5 Triliun

Sekretaris Jenderal
Certified Wealth Managers’ Association (CWMA)

Dalam Kasus penggerekan kawasan rawan peredaran narkoba, Kampung Muara Bahari Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara menetapkan tujuh tersangka dari 26 orang yang ditangkap.

Kampung Bahari Kembali Diacak-acak Polisi, 7 Bandar Narkoba jadi Tersangka

Selain berbagai jenis narkotika, polisi juga amankan senjata api rakitan, senjata tajam seperti samurai, parang, hingga celurit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024