Gagal di Piala AFF 2008

Mengapa Posisi Benny Dollo Aman

VIVAnews - Indonesia gagal meraih target final Piala AFF 2008. Meski demikian, posisi pelatih Benny Dollo masih aman dari pencoretan.

Menurut Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Rahim Sukasah, kegagalan timnas tidak bisa dibebankan kepada pelatih saja. Sebab, banyak faktor yang memengaruhi penampilan timnas di Piala AFF 2008.

Selain persiapan yang mepet, kualitas pemain menurut Rahim menjadi penyebab utama kegagalan timnas di Piala AFF 2008.

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

"Dari dulu kita selalu menyalahkan pelatih atas sebuah kegagalan. Kalau begini terus, bisa-bisa kita tidak akan punya stok pelatih lagi," kata Rahim.

Sejak tampil di Piala AFF 1996 lalu, Indonesia hanya mampu tampil sebagai finalis. Tahun ini, Indonesia menargetkan gelar juara. Sayangnya, langkah Firman Utina cs terganjal oleh kekuatan Thailand di babak semifinal.

Dua kali Indonesia bertekuk lutut di kaki Thailand. Di leg 1 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 16 Desember 2008, Indonesia keok 0-1.

Nasib yang sama juga diderita timnas saat tampil pada leg 2 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, 20 Desember 2008. Dalam pertandingan itu, Indonesia kalah 1-2 dari tuan rumah Thailand.

Pelatih timnas, Benny Dollo mengaku siap dipecat oleh BTN bila dianggap gagal menangani timnas. Keterangan itu disampaikannya kepada wartawan usai ditekuk Thailand 0-1 di leg 1.

Bendol --sapaan akrab Benny Dollo-- dikontrak selama dua tahun terhitung sejak diangkat oleh BTN, Januari 2008 lalu.

"Evaluasi akan kami gelar besok (Selasa, 23 Desember 2008), sekalian rapat di BLI (Badan Liga Indonesia). Kami akan lihat apa-apa saja yang harus dibenahi untuk timnas," kata Rahim.

Perubahan Skuad ke Pra Piala Asia 2011

Setelah gagal di Piala AFF 2008, skuad Indonesia tak bisa berleha-leha. Sebab, Januari 2009 timnas kembali berlaga di Pra Piala Asia 2011. Di event ini, Indonesia tergabung di Grup B bersama Oman, Australia, dan Kuwait.

"Akan ada pemain yang diganti, tapi tidak banyak. Mungkin satu atau dua pemain. Tapi, kita lihat setelah ada evaluasi dengan pelatih," kata Rahim.

Untuk sementara Timnas diliburkan. Pemain baru berkumpul lagi di Jakarta, 10 Januari 2009.

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024