Cina Komitmen Pinjami US$ 1 Miliar

VIVAnews - Pemerintah Cina berkomitemen akan mengucurkan dana US$ 1 miliar untuk pembangunan sejumlah proyek pertambangan dan energi. Pengucuran dana ini melalui mekanisme buyer credit.

"Kita dipinjami US$ 1 miliar dari Cina, tapi kita harus belanja di Cina. Sehingga ekonomi Indonesia dan Cina dapat bergerak," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin 22 Desember 2008.

Kalla mengatakan, Cina memiliki komitmen kuat untuk melakukan investasi di sektor pertambangan dan energi di Indonesia. Namun pemerintah akan mempertimbangan dengan tawaran negara lain. Mengingat investasi di sektor pertambangan membutuhkan waktu lama. 

"Jangan lupa, kekuatan ekonomi Cina sangat kuat, jadi untuk membicarakan hal-hal pokok seperti energi, mereka siap," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Perdana Menteri Cina Li Keqiang mengatakan, kerjasama ini untuk mendorong dan memperdalam perkembangan hubungan Cina - Indonesia. Dia mengatakan, pembicaraan sangat efektif. 

Ia mengakui telah mendapat mendapat kesepakatan investasi dan kerja sama budaya, termasuk kerjasama pemuda Cina - Indonesia. "Saya harap semua kesepakatan bukan hanya lisan atau di atas kertas, tapi akan direalisasikan dalam aksi konkret berupa proyek kerja sama," katanya.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024