Jelang Paparan Publik

Otoritas Bursa Tunggu Solusi Utang Bakrie

VIVAnews - Bursa Efek Indonesia menyambut baik rencana paparan publik PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) terkait penyelesaian utang grup ini yang akan dilakukan Rabu, 24 Desember 2008.

Otoritas pasar modal akan melihat bagaimana dampak paparan publik tersebut kepada pasar modal dan industri pasar modal dalam negeri.

"Belum tahu, dampaknya seperti apa," kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Erry Firmansyah saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Selasa, 23 Desember 2008. "Kami akan menunggu hasil paparan publik besok."

Erry juga mengaku belum mengetahui mengenai informasi yang akan disampaikan Grup Bakrie karena belum mendapatkan informasi dari bagian pencatatan. Yang jelas, menurut dia, paparan publik wajib dilakukan oleh setiap emiten sebagai keterbukaan perseroan kepada publik. "BEI akan menunggu hasilnya."

Direktur Bakrie Brothers Dileep Srivastava sebelumnya mengungkapkan akan menggelar paparan publik pada 24 Desember 2008 untuk mengumumkan penyelesaian utang tersebut secara transparan.

Dia menjelaskan, pembahasan restrukturisasi utang Bakrie sudah memasuki tahap final. Perseroan akan memenuhi seluruh kewajiban terhadap pada kreditornya. Grup Bakrie diuntungkan oleh kebijakan lindung nilai (hedging) pada kurs Rp 9.200 per US$. Saat ini kurs rupiah di kisaran Rp 11.000 per US$.

Dengan kebijakan itu, total utang perusahaan saat ini menjadi US$ 1,005 juta dari sebelumnya US$ 1,335 juta. Utang ke Oddickson turun menjadi US$ 742 juta dari sebelumnya US$ 968 juta. JP Morgan menjadi US$ 72 juta dari US$ 150 juta, ICICI US$ 105 juta dari  US$ 150 juta. Sedangkan repurchase agreement (repo) US$ 81,5 juta.      

Menurut Dileep, sesuai dengan perjanjian penyelesaian utang, pinjaman dari Oddikson Finance akan diambil alih oleh Northstar Pacific Limited. Sedangkan, utang kepada JP Morgan dan ICICI akan segera diselesaikan. Sedangkan, utang ke PNM Investment Rp 231,81 miliar baru akan jatuh tempo pada Januari-Februari 2009.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160
Toko roti di Gaza dibuka kembali

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam

Pabrik milik ‘Kamel Ajour Bakery’ adalah salah satu toko roti yang kini kembali buka di Gaza, setelah mendapatkan pasokan bahan bakar dan tepung dari Program Pangan Dunia

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024