Pemilik NPWP Tembus 10 Juta

VIVANews - Tujuh hari menjelang berakhirnya program sunset policy, jumlah wajib pajak yang mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menembus angka 10 juta orang. Jumlah ini melebihi target pemerintah.

"Semula kita tidak targetkan sampai 10 juta. Peningkatan semakin dirasakan menjelang batas akhir sunset policy pada 31 Desember 2008," ujar Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution di Departemen Keuangan, Rabu 24 Desember 2008.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Sunset policy adalah kebijakan penghapusan administrasi pajak bagi wajib pajak yang melaporkan kewajiban pajaknya secara benar.

Setiap harinya pada Desember, lanjut Darmin, jumlah pengurus NPWP di seluruh Indonesia bisa mencapai 50-100 ribu orang. "Sebelum Desember rata-rata hanya 7-8 ribu orang per hari," ungkapnya.

Karena itu tidak heran jika selama Desember ini, kata Darmin, jumlah pemilik NPWP baru mencapai 3,5 juta.

Meski total angka 10 juta terbilang kecil dibandingkan angkatan kerja, pemerintah cukup puas karena jumlah ini melampaui target pemerintah. Karena yang diperhitungan Direktorat Jenderal Pajak adalah jumlah angkatan kerja aktif dalam satu keluarga.

"Jika penduduk Indonesia 230 juta jiwa, dan satu keluarga ada 4 orang, maka ada 50 juta keluarga. Jika 60 persennya itu orang miskin, maka 40 persen adalah sekitar 20 juta untuk pemilik NPWP," jelas Darmin.

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024