Dugaan Korupsi Depkumham

Kejaksaan Minta Hartono Tanoesoedibjo Dicekal

VIVAnews - Kejaksaan Agung secara resmi meminta kepada Imigrasi untuk mencekal Pemegang saham PT Sarana Rekatama Dinamika, Hartono Tanoesoedibjo. Hartono dilarang bepergian ke luar negeri selama satu tahun.

"Dicekal mulai hari ini dan sudah saya teken," kata Jaksa Agung Muda Intelijen, Wisnu Subroto, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu 24 Desember 2008.

Menurut Wisnu, pencekalan dilakukan jika seseorang diduga terlibat tindak pidana atau untuk membuat terang suatu perkara. "Jadi walaupun masih saksi, bisa dicekal. Berapa jauh keterlibatannya itu urusan pidana khusus," ujarnya.

Surat pencekalan, lanjut Wisnu, sudah dikirimkan ke Imigrasi pada sore ini. "Saya sudah minta staf untuk koordinasi dengan imigrasi," jelasnya.

Kejaksaan sudah mengagendakan memeriksa Hartono pada 23 Desember 2008. Namun Hartono mengajukan permohonan agar kejaksaan menjadwalkan kembali agenda pemeriksaan dengan alasan akan merayakan Natal.

Kejaksaan Agung terus menyidik kasus dugaan korupsi proyek sistem administrasi badan hukum (sisminbakum) di Depkumham. Kejaksaan sudah menetapkan lima tersangka, yakni para mantan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Syamsudin Manan Sinaga, Zulkarnain Yunus, serta Romli Atmasasmita. Seorang lagi adalah Direktur Utama PT Sarana Rekatama Dinamika, Yohanes Waworuntu. Tersangka terakhir adalah Ketua Koperasi Pengayoman Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ali Marwan Janah.

Seperti diberitakan, akses sistem administrasi badan hukum melalui situs www.sisminbakum.com, dikenakan biaya yang nilainya bervariasi antara Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta. Namun, biaya akses itu tidak masuk ke rekening kas negara melainkan masuk ke rekening PT Sarana Rekatama Dinamika (PT SRD). Diduga proyek ini merugikan negara sekitar Rp 400 miliar.

Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Australia U-23
Ilustrasi ikan.

Deretan Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

Kandungan Omega-3 yang terdapat dalam ikan laut juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak, kesehatan jantung bagi para lanjut usia hingga untuk kekebalan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024