Kilas Balik 2008

Amazon: Musim Liburan 2008, Terbaik

Kondisi ekonomi global yang sedang memburuk ternyata tidak mempengaruhi transaksi jual-beli di dunia maya. Malah menurut Amazon.com, khususnya di musim liburan tahun ini, pasar sangat ramai, melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Seperti dilansir MarketWatch, 26 Desember 2008, tanggal 15 Desember, yang merupakan hari paling ramai dalam sejarah situs retail online tersebut, Amazon telah menjual 6,3 juta barang di seluruh dunia. Itu berarti, secara rata-rata di hari tersebut Amazon melakukan penjualan 72,9 barang per detik.

Amazon memang tidak menyebutkan perkiraan keuntungan atau data-data finansial lain. Akan tetapi, sebagai perbandingan, di puncak musim liburan tahun sebelumnya yakni 10 Desember 2007, Amazon hanya berhasil menjual 5,4 juta barang dalam satu hari. 

“Kami yakin bahwa peningkatan penjualan di peak-day tahun ini dipengaruhi oleh musim belanja liburan yang lebih singkat,” kata Doug Anmuth, analis dari Barclays Capital. “Puncak penjualan juga bisa dipengaruhi oleh tingginya penjualan barang yang dilakukan langsung oleh Amazon, dibandingkan pihak ketiga,” kata Anmuth.

Menurut Amazon, produk-produk terlaris di musim liburan kali ini adalah produk elektronik konsumer seperti televisi LCD definisi tinggi 52 inci dar Samsung, iPod Touch dari Apple, dan netbook 8,9 inci Aspire One milik Acer. Untuk perangkat gaming, konsol Nintendo Wii merupakan konsol game terlaris.

Pernyataan Amazon ini bertolak belakang dengan kondisi pasar musim liburan secara keseluruhan. Menurut data yang dirilis MasterCard, tahun ini total penjualan di luar automobile turun 5,5 persen di bulan November. Untuk bulan Desember sampai 25 Desember, penurunannya mencapai 8 persen dibanding tahun sebelumnya. Tampaknya memang sudah bukan musimnya belanja secara konvensional.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
Sandra Dewi

Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?

Di tengah kasus yang menimpa suaminya, Sandra Dewi harus menelan pil pahit lantaran kontrak kerjasamanya sebagai brand ambassador produk pembalut harus terhenti.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024