Program Sunset Policy

3 Juta Wajib Pajak Diberi Waktu Hingga Maret

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pajak memberikan kesempatan kepada 3 juta wajib pajak perorangan baru untuk memperbaiki laporan harta dan kewajiban pajaknya hingga Maret 2009.

Kepala Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan, Kismantoro Petrus mengatakan 3 juta wajib yang dimaksud adalah pendaftar nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang baru, yakni mengajukan pendaftaran  NPWP pada Januari - Desember 2008.

Sampai saat ini, menurut dia, pemilik NPWP yang sudah terdaftar sebanyak 10,2 juta wajib pajak perorangan. Dari jumlah itu, sebanyak 3 juta wajib pajak tergolong baru.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Kepada para wajib pajak tersebut, pemerintah memberlakukan program sunset policy, yakni kebijakan penghapusan sanksi administrasi pajak bagi wajib pajak yang melaporkan kewajiban pajaknya secara benar.

Bagi para pendaftar NPWP baru, Ditjen Pajak memberi kesempatan kepada mereka untuk mengisi dan memperbaiki laporan harta dan kewajiban pajaknya sampai Maret 2009.

Sedangkan, untuk wajib pajak yang lama, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, pemerintah mempertimbangkan untuk memperpanjang program sunset policy pajak menyusul desakan dari masyarakat yang terpanggil untuk menjadi pembayar pajak.

"Pemerintah mempertimbangkan memperpanjang sunset policy sampai dengan Februari 2009," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Presiden, Jakarta, Selasa, 30 Desember 2008.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024