Jelang Tahun Baru 2009

Sementara, Rumah Sakit Tak Layani Operasi

VIVAnews - Tindakan operasi pasien pada setiap rumah sakit di Bandung dihentikan sementara hingga pertengahan Januari 2009 atau selama liburan pergantian tahun.

Menurut Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Chairul Amri, himbauan itu telah disampaikan ke setiap rumah sakit, menyusul minimnya stok persediaan darah di pihaknya.

"Kegiatan donor darah pada liburan tahun ini dipastikan akan terhenti, karena semua orang ingin mengisi liburannya dengan rekreasi. Berbeda dengan Ramadhan dan Natal, kegiatan donor masih bisa kita lakukan dengan cara menjemputnya ke mesjid atau gereja," ungkapnya.

Oleh karena itu, tindakan medis seperti operasi tulang, ususĀ  buntu, paru-paru dan kegiatan operasi lainnya yang memerlukan kebutuhan darah cukup banyak, terpaksa dihentikan sementara selama 10 hari ke depan.

"Terpaksa kami lakukan, untuk mencegah tingginya permintaan darah di saat pesediaan menipis. Kalau tidak, bagaimana saya harus menyiapkan darah sementara pendonornya tidak ada," ujarnya.

Dia menambahkan, kebutuhan darah di Bandung setiap harinya mencapai sekitar 400 labu atau kantong. "Makanya di libur ini kami selalu minta donor pengganti bila ada pasien yang membutuhkan darah," ujarnya.

Sementara itu persediaan darah di UTD PMI Kota Bandung hingga Selasa 30 Desember 2008 pukul 09.00 WIB, sekitar 1.688 kantung darah.

Laporan : Sigit Zulmunir/Bandung

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024