PPP di Antara Bachtiar & Suryadharma

VIVAnews - Massa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di antara dua pilihan. Ikut Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PPP, Bachtiar Chamsyah, atau sepakat dengan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali.

Jika ikut Bachtiar, maka Susilo Bambang Yudhoyono menjadi calon presidennya dalam Pemilihan 2009. Memilih Suryadharma, maka ikutilah Forum PPP Mendengar yang menghadirkan sejumlah nama-nama tokoh yang bersiap menjadi calon presiden seperti Prabowo Subianto, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Amien Rais.

Polarisasi dua kubu ini semakin mengental ketika Selasa, 30 Desember 2008, malam, kubu Bachtiar Chamsyah menggelar acara Refleksi Politik Akhir Tahun 2008 bertema Menggagas Koalisi Prapemilu di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Dalam acara itu, Bachtiar Chamsyah menyatakan PPP ingin berkoalisi lagi dengan Partai Demokrat dan bahkan kalau bisa sebelum Pemilu.

Bachtiar yang juga Menteri Sosial itu mengatakan, kewenangan menentukan calon presiden dan wakil presiden dari PPP tidak terletak pada Ketua Umum PPP. "Silakan kalau ada kader yang mau menggelar forum," katanya usai acara.

"Forum yang digelar Suryadharma Ali bukan untuk memutuskan kecenderungan partai, karena dalam PPP keputusan bersifat kolektif. Kalau beliau mengundang untuk mendengar visi berbagai calon, itu tentu karena beliau ingin tahu apakah cocok atau tidak tokoh tersebut sebagai presiden," lanjutnya.

"Tapi kalau saya yang ditanya, siapa yang cocok jadi presiden, saya akan langsung bilang, saya cocok dengan Susilo Bambang Yudhoyono," ujar Urang Awak itu.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Marzuki Alie, menilai kegiatan Suryadharma Ali yang juga Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu menggelar Forum PPP Mendengar sebagai tindakan pribadi.  "Jadi, kalau secara individu dan aktivis, ya silakan saja," ujarnya usai mengikuti acara yang digelar Bachtiar Chamsyah.

Dalam forum Selasa malam ini, hadir sejumlah politisi PPP seperti Maiyasyak Johan dan Lena Mariana. Namun Ketua Fraksi PPP Lukman Hakim Saifudin tak ada. Sementara Ketua Umum PPP Suryadharma Ali malah berada di Cibinong, Bogor, mengikuti pelantikan Bupati Bogor terpilih.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024