Jalur Khusus Sepeda Tunggu Satu Juta Orang

VIVAnews - Mimpi warga Jakarta memiliki jalur khusus sepeda gagal terwujud dalam waktu dekat. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo masih menunggu jumlah pengayuh kereta angin di Jakarta mencapai satu juta orang.

"Satu juta orang yang benar-benar memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi bukan sekadar hobi," kata Ketua Komunitas Bike to Work, Toto Sugito, Rabu 31 Desember 2008.

Proyek percontohan Urban Park Connector atau pembangunan jalur sepeda yang menghubungkan Blok M-Monas pun terancam gagal. Padahal survei jalur telah dilakukan sejumlah komunitas pecinta sepeda bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Bahkan, Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta Ery Basworo sempat menargetkan jalur ini bisa diujicobakan pada akhir Desember 2008.

Proyek ini awalnya dicetuskan sebagai respons Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan jalur khusus bagi kendaraan non-motor yang aman dan nyaman. Harapannya, jalur selebar 1 meter itu dapat menghubungkan fasilitas-fasilitas kota seperti taman, air mancur, dan jalur hijau.

Jalur yang sempat akan diujicobakan adalah rute Blok M (Taman Christina Martatiahahu) - Walikota Lama (Jalan Trunojoyo) - Jalan Pattimura - Air Mancur Senayan - Jalan Jenderal Sudirman - Semanggi - Jalan MH Thamrin - Monas.

Penghujung tahun 2008, komunitas pekerja yang tergabung dalam Bike to Work atau menggunakan sepeda ke kantor mencapai 10 ribu orang. Angka itu menunjukkan lonjakan cukup fantastis dibandingkan tahun 2004 yang hanya 150 orang.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini
Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024