10 Drama Sepakbola Asia 2008

VIVAnews – Pentas sepakbola selalu menjadi panggung drama yang menarik untuk diikuti, tak terkecuali di Asia. Goal merekam 10 momen besar di pentas sepakbola Asia selama 2008.

Penggunaan pemain yang tidak sah oleh Qatar saat bertemu Irak di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 menjadi peristiwa besar yang mewarnai sepakbola Asia tahun ini. Sedangkan peristiwa dramatis yang dialami Perepolis menuju tahta juara Liga Iran menempati peringkat 10 momen menarik tahun ini.

10- Perepolis Juara Liga Iran
Perjuangan Perepolis menjadi juara Liga Iran cukup menegangkan. Hingga pertandingan terakhir, Perepolis masih ketinggalan dua poin dari pimpinan klasemen sementara, Sepahan. Perepolis akhirnya berhasil meraih mahkota juara setelah mengalahkan Sepahan 2-1 di laga pamungkas. 

9- Maladewa Juara Piala Asia Selatan
Maladewa merupakan negara kecil dengan populasi penduduk hanya mencapai 300 ribu orang. Namun di pentas sepakbola, negara yang hanya memiliki luas 298 km persegi itu mampu mengalahkan India yang memiliki luas daerah sekitar 3 juta km persegi dan dihuni oleh satu miliar lebih penduduk. Di babak final Piala Asia Selatan, Maladewa mengalahkan India 1-0.

8- Rivaldo dan Zico Tampil di Uzbekistan
Tahun ini, Uzbekistan coba menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah kekuatan dalam sepakbola Asia. Caranya dengan merekrut pemain-pemain kaliber dunia untuk merumput di Liga Uzbekistan.

Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa

Bunyodkor menjadi tim pertama yang melontarkan keinginannya untuk mengontrak pemain Barcelona Samuel Eto'o. Banyak pihak yang menertawakan langkah ini. Namun, dunia akhirnya tercengang saat Eto'o tertangkap kamera saat tiba di Uzbekistan. 

Eto'o memang gagal berkostum Bunyodkor. Namun, setelah itu manajemen berhasil mendatangkan Rivaldo dan pelatih sekelas Zico. 

7- Vietnam Juara Piala AFF 2008
Vietnam berhasil membuat sejarah baru di pentas sepakbola Asia Tenggara dengan tampil sebagai juara Piala AFF 2008. Sebelumnya, gelar turmamen yang awalnya dikenal dengan nama Piala Tiger itu hanya didominasi Thailand dan Singapura.  

Di babak final, tim besutan Henrique Calisto itu berhasil mengalahkan tim raksasa Asia Tenggara, Thailand dengan agregat 3-2. Di leg 1, Vietnam unggul 2-1 dan di leg 2, kedua tim bermain imbang 1-1. 

6- Timnas Irak Latihan di Baghdad
September 2008, timnas Irak latihan untuk kali pertama di ibu kota Irak, Baghdad. Ini jadi penampakan pertama juara Piala Asia 2007 itu di sana sejak rezim Saddam Husein tumbang.   

5- Gamba Osaka dan Dominasi Jepang
Dua tahun berturut-turut tim asal Jepang berhasil menguasai Liga Champion Asia (LCA). Selain itu, tim asal Jepang selama dua tahun berturut-turut juga berhasil mewakili Asia untuk tampil di Piala Dunia Antar Klub. 

Gamba keluar sebagai juara LCA 2008. Sayangnya, mereka di Piala Dunia Antar Klub 2008 hanya mampu menempati posisi 3. Di semifinal, Gamba ditekuk Manchester United 3-5.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

4- Kegagalan Tim Asia di Olimpiade Beijing 2008
Olimpiade Beijing 2008 menyisakan cerita buruk bagi tim-tim asal Asia. Meski digelar di Cina, tak satu pun wakil Asia yang mampu meraih medali.

Tim Korea Selatan yang sempat menjadi semifinalis Piala Dunia 2002 justru gagal di babak penyisihan. Tuan rumah Cina, Jepang dan Australia juga bernasib tak jauh beda. Ketiganya hanya mampu bertahan di babak awal saja.

3- Regulasi Baru Perekrutan Pemain Asing
Jepang untuk kali pertama menetapkan peraturan baru dalam perekrutan pemain asing. Federasi sepakbola Negeri Matahari Terbit itu memperkenankan tim yang berlaga di Liga Jepang untuk merekrut satu pemain asing dari Asia meski sebelumnya telah memiliki tiga pemain asing. Belakangan, peraturan ini kemudian mulai merembet ke negara-negara Asia lainnya. 

2- Markas AFC Pindah dari Malaysia
Sejak 1965, kantor Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) berada di Kuala Lumpur. Namun, tahun ini secara mengejutkan, Presiden AFC, Mohamed Bin Hamman memutuskan untuk memindahkan markasnya. Dia membuka penawaran bagi anggota AFC yang dan sudah mendapat tanggapan dari Arab Saudi, Qatar dan Singapura. 

1- Qatar Gunakan Pemain Tidak Sah Lawan Irak
Peristiwa terbesar sepakbola Asia tahun ini adalah penggunaan pemain tidak sah, Emerson oleh Qatar saat berhadapan dengan Irak pada kualifikasi Pra Piala Dunia 2010, Maret lalu. Saat itu Qatar berhasil keluar sebagai pemenang.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Irak coba protes kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan lembaga arbitrase olahraga. Namun hasilnya nihil. Protes Irak ditolak karena dianggap sudah terlambat dan gagal membayar uang sidang secara tepat waktu.

Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Ekskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku regulator bursa saham di Tanah Air mengakui bahwa eskalasi konflik antara Iran dan Israel telah membuat bursa saham melemah hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024