Harga BBM Turun

Pemilik SPBU Dapat Kompensasi Rp 160/liter

VIVAnews - Pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) mendapatkan biaya kompensasi (penggantian) sebesar Rp 160 per liter. Kompensasi itu diberikan sebagai akibat penurunan harga tanggal 15 Desember lalu.

"Kompensasi sekitar Rp 160 per liter akibat penurunan,"ujar Direktur Utama Pertamina Ari Hernanto Soemarno dalam Konperensi Pers Kelangkaan BBM di Depo Plumpang, Jakarta Utara, Minggu, 4 Januari 2009.

Jumlah ini lebih besar dua kali lipat dari kompensasi penurunan harga 1 Desember yang hanya Rp 80 per liter. Namun, lanjut dia, Pertamina meminta agar pengusaha-pengusaha tersebut memiliki tenggang rasa sedikit dengan memenuhi kewajiban melayani konsumen dengan sebaik mungkin.

"Karena waktu harga naik mereka dapat untung lebih tapi pertamina tidak minta bgaian dari keuntungan itu," papar dia.

Sebelumnya, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) menyatakan Pertamina akan memberi kompensasi kepada pengusaha jika harga solar juga diturunkan. Tubagus juga menyayangkan perilaku pengusaha SPBU yang tidak mau menebus premium dari Pertamina menjelang penurunan harga, dengan alasan pengusaha bisa rugi karena membeli dengan harga Rp 6.000, tetapi dijual Rp 5.500. "Yang namanya pengusaha jangan mau untung saja, harus seimbang. Ada pengorbanan sedikit," kata dia.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan
Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang menjalani sidang di PN Indramayu

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

Panji Gumilang tak terima dijadikan tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh Polri dan mengajukan praperadilan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024