Indira Gandhi Menangkan Pemilu India

VIVAnews – Setelah berkampanye selama 63 hari, pada 6 Januari 1980, Indira Gandhi berhasil memenangkan pemilu India. Menurut BBC, dari 196 juta suara yang dihitung, Partai Kongres berhasil meraih 351 dari 525 kursi yang diperebutkan di majelis rendah India.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Kemenangan besar Indira sangat mengejutkan karena hanya selang tiga tahun sejak rakyat India menolak pemerintahan daruratnya.

Meningkatnya perolehan kursi Partai Kongres membuat India tidak memiliki partai oposisi resmi karena dua partai oposisi yang ada gagal menenuhi ketentuan minimum 54 kursi. Keberhasilan Indira ini diikuti puteranya, Sanjay, yang turut terpilih sebagai anggota parlemen.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Sebelumnya, antara tahun 1966 hingga 1977, Indira Gandhi pernah menjabat perdana menteri India Pada akhir masa pemerintahannya, Indira menerapkan pemerintahan darurat setelah rakyat menuduhnya melakukan kecurangan pemilu.

Selama 19 bulan pemerintahan darurat, banyak pemimpin oposisi yang dipenjara oleh Indira. Masa pemerintahan kedua Indira berlangsung hingga tahun 1984.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Pada bulan Desember 1984, selang dua bulan setelah penyerbuan Kuil Emas kaum Sikh di Amritsar, Indira dibunuh oleh pengawalnya sendiri.

Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024