Kadin Usulkan 15 Proyek Pertanian dan Energi

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  Indonesia mengusulkan 15 proyek investasi di bidang pangan pertanian (agrobisnis) dan energi.

"Sudah enam bulan terakhir kami membahas ini dan hasilnya sudah disampaikan ke presiden dan Menko Perekonomian," kata Ketua Umum Kadin MS Hidayat di Menara Kadin Jakarta, Senin, 5 Januari 2009.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Menurut Hidayat, total investasi untuk 15 proyek tersebut ditaksir senilai US$2,5 miliar. "Jika pemerintah mengijinkan akan segera
dijalankan tahun ini," jelasnya.

Dia menambahkan, bila pemerintah ingin pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap di atas empat persen, maka investasi tersebut harus digenjot.

Namun, Hidayat enggan memerinci industri apa saja yang termasuk ke dalam 15 proyek tersebut. "Semuanya penanaman modal dalam negeri," ujarnya.

Dia melanjutkan, investasi bisa dalam bentuk kerja sama dengan petani daerah untuk sektor agrobisnis atau dengan pengusaha daerah lainnya. "Pembiayaan murni dari swasta dan mitra kerja, pemerintah hanya mengeluarkan ijin," kata Hidayat.

Proyek agrobisnis, jelas Hidayat, akan dikonsentrasikan pada wilayah Timur Indonesia. Sedangkan proyek energi, seperti pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) akan dijalankan di luar Jawa.

Menurut Hidayat, proyek-proyek tersebut sedang terhalang ijin karena aturan pemegang tanah yang tumpang tindih. "Baik itu tumpang tindih antar departemen maupun antara pemerintah pusat dengan daerah," ujarnya.

Tahun ini, kata dia, Kadin menilai pemerintah tidak perlu berharap ada investasi baru dari asing. "Semua negara sedang sulit, kecuali untuk investasi yang sudah masuk ke BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)," tegas Hidayat.

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024