Demokrat: Antisipasi Pilpres Putaran Dua

VIVAnews - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengingatkan agar jadwal pemilihan presiden harus mengantisipasi berlangsungnya pemilihan tahap kedua.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

“Karena itu jadwal pemilihan yang paling masuk akal dilakukan awal Juli ini. Jika ditetapkan 6 Juli, ini adalah jadwal yang tepat,” kata Anas, Rabu 7 Januari 2009.

Antisipasi jadwal pemilihan dua putaran itu, kata Anas, belajar dari pengalaman pemilihan presiden 2004 yang terjadi sampai dua putaran. Putaran pertama 5 Juli, sedangkan putaran kedua 20 September.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Anas juga mengingatkan masa jabatan presiden bakal berakhir 20 Oktober 2009. Hari itu juga, kata dia, sudah harus berlangsung pelantikan presiden penerusnya. “Sebelum itu, presiden dan wakil presiden terpilih sudah harus ditetapkan komisi pemilihan umum,” kata Anas.

Menurut Anas, secara konstitusional batas 20 Oktober itu tidak boleh dilewati presiden lama. Sebab, bila sampai dilewati, akan terjadi kegawatan konstitusional (vacuum of power). “Ini yang tidak boleh terjadi,” kata dia.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024