Keuntungan Membeli ORI

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@vivanews.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 2553 2563.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

---------------------------------------------

SEBELUM membahas secara rinci tentang obligasi negara ritel (ORI), lebih dahulu kita harus mengetahui apa itu ORI.
 
ORI adalah jenis obligasi negara yang diperjualbelikan secara ritel atau eceran dengan pecahan yang relatif kecil. Ritel atau eceran sebagaimana
pengertian perdagangan barang dapat dijual dalam bentuk pecahan kecil di toko atau kios.

Untuk ORI prinsipnya sama, hanya tempat perdagangannya bukan di pasar, tetapi di bank atau perusahaan sekuritas yang ditunjuk pemerintah. Ritel juga mengandung maksud bahwa penjualan dan pembelian dalam skala kecil serta dapat terjangkau masyarakat luas.

Pengertian kecil untuk ukuran obligasi ini adalah Rp 5 juta dengan kelipatan di atasnya, misalnya Rp 10 juta, dan seterusnya dengan pecahan terbesar Rp 3 miliar.

Penerbitan ORI ini dimulai pada ORI Seri 001 pada 2006. Sebelumnya, telah diterbitkan pula surat berharga pemerintah yang disebut obligasi negara dengan Seri FR (fixed rate) dan VR (variable rate).

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Fixed rate mengandung maksud bahwa janji bunga tetap sampai obligasi tersebut jatuh tempo, sedangkan variable rate dengan bunga bergerak mengambang sesuai perubahan tingkat bunga pasar yang berlaku.

Belakangan diterbitkan lagi obligasi negara dengan zero kupon, yang maksudnya pemerintah tidak membayar bunga secara rutin. Namun, harga
jualnya didiskon dan pelunasannya tetap 100 persen. Obligasi negara pertama kali diluncurkan pada akhir 2002.

Sebenarnya obligasi negara juga pernah ada pada 1950-an, dengan tujuan penggunaan pembiayan pembangunan nasional. Keuntungan yang dapat diraih jika membeli obligasi negara termasuk ORI adalah mendapatkan capital gain dan bunga, serta terhindar dari kemungkinan gagal bayar (default).

Capital gain akan diperoleh jika tingkat bunga pasar lebih rendah dari tingkat bunga (kupon) obligasi negara. Capital gain akan muncul apabila investor menjual obligasinya sebelum jatuh tempo. Sementara itu, yang dimaksud default adalah jika pemeritah mengalami gagal bayar baik atas bunga maupun kupon/bunganya

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Keuntungan khusus ORI adalah pertama, dapat dibeli dengan skala kecil dengan minimum Rp 5 juta, mudah diperjualbelikan melalui agen penjualan yang ditunjuk. Hal ini menunjukkan likuiditas ORI sangat tinggi. Terakhir, bunga/imbal hasil dibayarkan setiap bulan.

Satino, CWM                                                  
Bidang Riset dan Pengembangan CWMA

Ramen.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Ramen is a type of noodle soup dish that is made with wheat noodles, broth, and toppings. Instant ramen may include a flash-fried or air-dried block of noodles, a flavour

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024