BLU Transjakarta Segera Hidup Mandiri

VIVAnews - Rencana Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengubah status Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) menjadi BLU penuh segera terlaksana.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang


"Kita sedangkan siapkan dokumen, bulan April atau Mei mungkin menjadi BLU penuh," kata Kepala BLU Transjakarta Daryati Asrining Rini, Kamis 8 Januari 2009.

Keputusan ini menyikapi usulan DPRD DKI yang menghendaki status BLU Transjakarta menjadi Perseroan Terbatas (PT) agar kinerjanya membaik. Namun, usulan tak dapat dipenuhi karena konsekuensi status PT, Transjakarta tak mendapat kucuran dana lagi dari APBD DKI.

Dengan status BLU penuh, Transjakarta mulai belajar mandiri dan bertanggung jawab kepada gubernur. Sedangkan Dinas Perhubungan DKI hanya menjadi badan pengawas terhadap kinerja BLU.

BLU penuh diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan dan manajemen sendiri. Status ini juga menjadikan Transjakarta fleksibel memperkerjakan tenaga profesional non PNS. BLU juga mempunyai kebijakan penuh, boleh berhubungan dengan perbankan untuk memperoleh kredit. Jadi lebih luwes dan fleksibel.

"Saya minta manajemen mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi. Jadi nggak cuma gemuk organisasi tapi output minim," ujar Fauzi Bowo, beberapa waktu lalu.

Dengan perubahan status ini, BLU Transjakarta diharapkan mampu menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan operator.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU, diterangkan BLU adalah alat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui penerapan manajemen keuangan berbasis pada hasil, dan bukan semata-mata sarana untuk mengejar fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024