7 Alasan Bangun Lebih Pagi

VIVAnews - Tidur lebih awal dan bangun lebih cepat akan membuat orang makin sehat, kaya, dan bijaksana. Demikian ungkapan terkenal tokoh Amerika Serikat Benjamin Franklin.

Pria Tanpa Identitas Tewas di Tol Dalam Kota, Diduga Tertabrak saat Menyeberang

Ungkapan bijak itu bisa menjadi motivasi menghadapi pemberlakuan jam masuk pagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setelah jam masuk sekolah dimajukan menjadi pukul 06.30 WIB, berikutnya giliran pemajuan jam masuk kantor. Jadi, bersiaplah bangun lebih pagi.

Aturan ini tentu membuat banyak orang kesal karena harus bangun lebih awal. Padahal, bangun pagi sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Udara segar
Nikmati udara pagi yang segar dan tidak terlalu banyak terpolusi. Hirup dalam-dalam untuk menyuplai oksigen ke otak. Dengan suplai oksigen yang mencukupi, otak akan bekerja lebih baik. Pada pagi hari, menjelang fajar menyingsing, udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, menyumbatan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, terapi diabetes, asma, alergi, penyakit jantung, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.

Sinar matahari
Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuh. Sinar mentari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.
Bagi para pria, vitamin D sangat penting untuk meningkatkan kesuburan sperma. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan kulit karena tidak mengandung sinar ultraviolet yang bisa memicu kanker kulit.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Sarapan
Banyak orang melewatkan sarapan dengan alasan tak ada waktu. Padahal sarapan sangat penting untuk menyuplai energi tubuh dan fungsi kerja otak. Tanpa sarapan, tubuh akan lemas dan kurang energy. Otak pun tak dapat bekerja dengan optimal.
Jika Anda bangun pagi, tentu tak perlu melewatkan sarapan. Anda akan punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan dan bekal ke kantor atau pun bekal si kecil ke sekolah.

Olahraga
Bila selama ini Anda tak sempat olahraga, bangun pagi adalah solusi yang tepat untuk memulai kebiasaan sehat berolahraga. Udara pagi yangmasih segar dan sinar matahari yang hangat membuat aktivitas olahraga pagi lebih menyenangkan. Lakukan senam ringan dan peregangan untuk melemaskan otot-otot dan meningkatkan suplai oksigen ke otak. Anda pun siap melakukan aktivitas dengan tubuh bugar.

Kerja otak dan produktivitas kerja
Pagi hari adalah saatnya otak bisa bekerja lebih optimal. Di pagi hari, otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Hormon tersebut memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak dengan cara meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak. Hal itu membuat sel-sel syaraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan menyimpannya lebih lama.

Terhindar dari macet
Kemacetan lalu lintas sudah menjadi bagian hidup warga Jakarta. Pagi hari pun belum tentu bisa bebas macet. Tapi bila Anda berangkat lebih pagi daripada biasanya, setidaknya kemacetan yang terjadi belum terlalu parah.

Kurangi stres
Kesegaran udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang membuat mood lebih baik. Dengan menikmati suasana pagi yang segar, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. Sehingga Anda bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya