Dugaan Tukar Guling Aset

Hakim Periksa Lokasi 25 Aset Sitaan

VIVAnews - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memeriksa lokasi 25 aset milik Pemerintah Daerah Lombok Barat yang ditukar guling. Terdakwa Direktur Utama PT Valindo Lombok Inti, Izzat Husein, juga dihadirkan.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh tiga anggota majelis hakim, Slamet Subagyo, Sutiono, dan Anwar. Selain itu hadir pula Jaksa Penuntut Umum Riyono dan Siswanto. Pemeriksaan aset ini dijaga ketat polisi.

Pemeriksaan dilakukan terhadap lokasi yang menjadi tempat tukar guling yakni diatas lahan seluas 7 Hektar. Dengan pengawalan ketat polisi terdakwa menunjukkan lahan yang ditukar gulingkan tersebut diantaranya bekas kantor bapeda yang kini digunakan oleh KPU Kabupaten Lombok Barat, Kantor Satpol PP Kabupaten Lombok Barat, Taman Kanak-Kanak, Kantor PKK, dan Laboratorium Pertanian Provinsi NTB.

Dalam persidangan itu diketahui jika tanah dan gedung yang menjadi lahan tukar guling tersebut masih digunakan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Menanggapi hal itu Riyono selaku Jaksa Penuntut Umum menegaskan semua data yang ditemukan terutama keterangan saksi itu akan menjadi bahan persidangan selanjutnya. "Kalian sudah lihat sendiri sebagian bangunan masih ditempati, dari mana mereka memperoleh izin dan seperti apa kondisi bangunannya," katanya kepada wartawan di Mataram 9 Januari 2009.

Menurut Riyono, ada 25 bangunan yang akan diperiksa. Termasuk mendengarkan keterangan saksi yang ditemui di lokasi.

Kasus tukar guling ini juga melibatkan mantan Bupati Lombok Barat, Iskandar. Kasus tukar guling ini mencuat pada 2006 antara mantan Bupati Lombok Barat Iskandar dengan Direktur Utama PT Valindo Lombok Inti, Izzat Husein.

Iskandar juga didakwa telah memperkaya rekanannya, Direktur PT varindo Lombok Inti Izzat Hussein sebesar Rp 34,7 miliar. Akibatnya, negara telah dirugikan sekurang-kurangnya Rp 36,5 miliar.


Laporan: Edy Gustan | Mataram

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal
Pratama Arhan dan Azizah Salsha berpelukan

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U23 2024 pada Jumat 26 April dini hari, Pratama Arhan dan Azizah Salsha menampilkan momen kemesraan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024