Trik Membangun Kerajaan Bisnis

VIVAnews - Ternyata untuk membangun bisnis, modal besar bukanlah syarat utama. Sekarang ini selain duit, yang dibutuhkan adalah kreativitas.

Hal itu disampaikan anggota Dewan Nasional Prestasi Junior Indonesia (PJI)  Sarwono Kusumaatmadja . PJI adalah lembaga yang bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi muda agar berhasil dalam dunia bisnis. Ia mengatakan kreativitas dalam  mengembangkan ide, skill dan komitmen yang baik adalah tiga hal pendukung  utama.

"Kalau syarat ketiga itu dimiliki oleh seseorang, modal datang sendiri kok. Ini salah satu juga kekurangan bangsa kita. banyak pihak yang menyangka syarat utama untuk berusaha adalah modal," ujar dia usai pembukaan Kompetisi  Simulasi Bisnis 2009 di Kampus Bina Nusantara, Jakarta, Sabtu 10 januari 2008.

Menurut dia, jika seseorang tidak memiliki skill, kreatifitas dan komitmen  sebesar apapun modal yang dimiliki dapat dipastikan usahanya tidak akan  bertahan lama.

Ia lalu menyontohkan seorang pebisnis ikan terbesar  di Indonesia saat ini yang memulai bisnisnya dari door to door dari satu rumah  ke rumah lain. Namun dengan ketiga komponen yang dia miliki itu akhirnya  usaha yang dirintisnya menjadi berhasil. "Punya etos bisnis yang baik maka  usaha akan berkembang," imbuh dia.

Di sisi lain, jelas dia, ada anak orang kaya yang diberi modal oleh orang  tuanya, namun tidak memiliki etos kerja yang baik, skill, kreativitas dan komitmen, akhirnya usaha si anak tidak bertahan lama.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

Education Officer PJI Patricia Manangkot menambahkan, berdasarkan kutipan  dari buku Ciputra  untuk menjadi seorang pebisnis ada kiat-kiat yang dapat  menunjang keberhasilan suatu bisnis. "Kiat pertama bisa mencari peluang dalam hal apapun," ujar dia.

Kiat lainnya berani mengambil risiko, memiliki  perhitungan yang matang, disiplin, ulet dan tekun, mampu bersosialisasi  dengan baik kepada lingkungan serta harus memiliki kepercayaan diri yang  tinggi.

Ilustrasi menikah adat Jawa.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Sebuah kisah menarik datang dari seorang MUA yang membagikan momen ketika seorang pengantin kesurupan gegara tidak berziarah kubur sebelum acara pernikahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024