Rumah di AS Kini Ada yang Cuma Rp 5,5 Juta

VIVAnews - Krisis kredit macet yang melanda bisnis pembiayaan properti di Amerika Serikat sejak lebih dari setahun terakhir telah membuat harga rumah di Negeri Paman Sam tersebut turun drastis. Bahkan, karena tak kunjung laku dibeli sementara pengelolanya butuh uang cepat, ada rumah yang dijual dengan harga cuma US$500 (sekitar Rp 5,5 juta).

Laman CNN Money, Kamis 8 Januari, mengungkapkan data Realtor.com bahwa ada 18 unit rumah yang ditawarkan di kota Flint, negara bagian Michigan, dengan harga di bawah US$3.000 (sekitar Rp 33 juta). Rumah yang dijual dengan harga murah-meriah juga terdapat di kota Indianapolis (22 unit), Cleveland (46 unit), dan Detroit (709 unit).

Kota-kota tersebut merupakan kawasan yang penduduknya menjadi korban krisis kredit macet. Tak mampu bayaran cicilan kredit rumah, mereka akhirnya terusir. Tempat tinggal mereka kini tengah dijual oleh pihak kreditur, sebagian besar bank maupun perusahaan perkreditan, yang menyita properti tersebut. 
 
"Akhirnya bank beralih fungsi menjadi perusahaan penjual properti," kata Heather Fernandez, juru bicara Trulia.com, laman suatu perusahaan real estat. Harga jual yang ditawarkan pun sudah tak lagi masuk akal bila dibandingkan dengan harga pasar dalam situasi normal

Di Detroit, misalnya. Pemilik perusahaan pengelola properti century 21 Villa, Randy Eissa, menawarkan satu unit rumah tipe bungalow seluas 1.000 meter per kaki (sekitar 92,9 meter persegi) dengan tiga kamar tidur dan satu kamar mandi. Harga yang ditawarkan US$500.

Rumah itu sebenarnya cukup baik untuk dihuni dan punya banyak lampu. Namun, bagian dalam bangunan tersebut harus diperbaiki secara besar-besaran.

Menurut perhitungan Eissa, butuh biaya antara US$15.000 (sekitar Rp 165 juta) hingga US$20.000 (sekitar Rp 220 juta) untuk merenovasi total rumah super murah tersebut.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024