Hakim Purwokerto Kabulkan Ganti Kelamin

VIVAnews - Pengadilan Negeri Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin untuk Solihatunnisa, 6, dari perempuan menjadi laki-laki.

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Permohonan pergantian kelamin ini diajukan oleh orangtua Solihatunnisa, Sunarto, 45, dan Siti Santiasih, 38, warga Karangklesem, Purwokerto Selatan.

Majelis hakim yang dipimpin Dwi Winarko memutuskan jenis kelamin pemohon adalah laki-laki dan berganti nama menjadi Mohammad Solehan.

Selain itu, hakim memutuskan membebaskan biaya perkara dalam sidang tersebut karena pemohon berasal dari keluarga tidak mampu.

Menurut hakim, putusan itu berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain fakta-fakta yang disajikan pemohon dan keterangan para saksi yang diajukan kuasa hukum pemohon, Joko Sutanto.

Saksi-saksi yang diajukan dalam dua persidangan sebelumnya yakni Bidan Nunung Dunuriah Suparno, Ketua RT Iswan Sukardi, dan Kepala Kelurahan Karangklesem, Prabowo Santoso, serta dokter Budi Setiawan anggota Ikatan Dokter Indonesia Banyumas, Attabiq Yusuf dari Majelis Ulama IndonesiaBanyumas, dan Suwarti (psikolog).

Putusan hakim ini membuat Sunarto senang. "Kami segera mengurus surat-surat keterangan Aan (panggilan akrab Mohammad Solehan)," katanya. Siti Santiasih juga lega.

Aan yang lahir pada 19 September 2002, sebelumnya diketahui berjenis kelamin perempuan. Karena itu, dalam surat keterangan kelahiran disebutkan perempuan.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Selang 10 hari, dukun bayi yang membantu persalinan Siti Santiah melihat adanya munculnya alat kelamin laki-laki pada Aan.

Secara medis, Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta, mengetahui  kromosom Aan "XY" dan tidak memiliki rahim. Pada 2004, dilakukan operasi kelamin.

Namun untuk mengganti kata perampuan menjadi laki-laki dalam surat keterangan kelahiran tak mudah. Harus melalui proses hukum di pengadilan. Itulah sebabnya persoalan ini sampai ke pengadilan.

Antisipasi Dampak Buruk Konflik Iran-Israel, Pemerintah Wajib Simak 3 Saran Kebijakan Ekonomi Ini

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini kini duduk di bangku kelas satu SD Negeri Karangklesem II Purwokerto. Dua kakaknya adalah Budi Haryono, 20, dan Iksan Nur Hidayat, 15.

sumber : antara.co.id

Teuku Rifnu Wikana

Teuku Rifnu Wikana Ungkap Keponakan yang Jadi Korban Tabrak Lari adalah Anak Berprestasi

Salah satu korban tabrak lari itu, keponakan Teuku Rifnu Wikana yang bernama Teuku Ray adalah anak yang berprestasi. Akibat kejadian itu, Ray mengalami patah tulang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024