Korupsi Depkumham

Syamsudin Manan Akui Terima Uang Koperasi

VIVAnews - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Syamsudin Manan Sinaga mengaku menerima uang dari Koperasi Pengayoman Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Tapi, harus digarisbawahi, uang itu bukan uang Sisminbakum (sistem administrasi badan hukum)," kilah Sabas Sinaga selaku penasihat hukum Syamsudin di Kejaksaan Agung, Selasa 13 Januari 2009. Hal itu, kata Sabas, diakui kliennya dalam pemeriksaan hari ini yang diperiksa sebagai tersangka dugaan korupsi biaya akses sisminbakum.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

"Uang itu biasa dibagikan sebagai uang kesejahteraan," tambahnya.

Lebih lanjut, Sabas menjelaskan pembagian uang tersebut merupakan kebiasaan di Departemen, khususnyadi Direktorat Jenderal AHU. "Klien saya hanya meneruskan kebijakan dari pejabat sebelumnya," kata dia.
 
Syamsudin diperiksa selama delapan jam sejak pukul 11.00 WIB. Menurut Sabas, pemeriksaan Syamsudin sudah memasuki pokok perkara. "Tapi tidak ada pertanyaan seputar revisi undang-undang perseroan," jelas Sabas.

Hal itu menanggapi pernyataan Jaksa Agung Muda Pidana Kejaksaan Agung, Marwan Effendy. Siang tadi, Marwan mengatakan Syamsudin diperiksa terkait revisi terbatas pada Undang-Undang Perseroan.

Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024