Ini Dia CEO Baru Raksasa Yahoo

VIVAnews -- Yahoo akhirnya memilih Carol Bartz untuk menduduki posisi Chief Executive Officer, untuk menggantikan posisi Jerry Yang.

Kemunculan Bartz ini mematahkan prediksi sebagian orang yang menyangka Yahoo bakal memilih President Yahoo Sue Decker untuk duduk di kursi tersebut.

Bartz adalah eksekutif veteran berusia 60 tahun, yang sudah malang melintang di industri TI. Ia sempat menempati posisi manajerial pada penjualan dan produk lini di Digital Equipment dan 3 M.

Salah satu anggota dewan penasihat George W Bush di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi itu, juga pernah menjadi Vice President of Worldwide Field Operations di Sun Microsystems pada 1983-1992, dan dewan direktur pada perusahaan jaringan Cisco System, NetApp, serta perusahaan prosesor Intel.

Tak hanya itu, wanita kelahiran Winona Minnesota itu juga berpengalaman menjadi Chief Executive Officer selama 14 tahun pada perusahaan software untuk teknik, AutoDesk, dan kemudian menjadi Executive Chairman of the Board di perusahaan yang sama.

Beberapa pengamat yakin Bartz akan mampu membawa Yahoo keluar dari masalahnya. "Carol adalah pilihan Yahoo yang paling solid dan paling aman," ujar Allen Weiner, seorang analis dari firma Gartner. 

Ketika memimpin AutoDesk pada 1992-2006 perusahaan software yang berlokasi di San-Rafael itu bisa bertahan di saat beberapa perusahaan lain diakusisi, seperti Lotus (oleh IBM), atau WordPerfect (oleh Corel).

Bartz dikenal sebagai pemimpin yang tegas. Saat menjadi CEO AutoDesk dia menyingkirkan eksekutif senior lainnya dan membawa tim manajemen baru. 

Bahkan dia sempat memecat Carl Bass, walaupun akhirnya Bass dipekerjakan kembali dan akhirnya menjadi pengganti Bartz saat ia ditarik menjadi Executive Chief of the Board.

Namun, beberapa orang mempertanyakan pengalamannya Bartz yang lebih banyak mengurusi penjualan software konvensional dan tak begitu mengerti banyak tentang penjualan iklan di internet yang menjadi bisnis Yahoo.

Menanggapi hal itu, Bartz berkata, "Saya tak begitu mengerti tentang CAD (software computer-aided design) ketika masuk Autodesk. Saya juga tak mengerti hardware ketika bergabung dengan Sun. Tapi, saya punya kekuatan otak untuk memahami hal-hal yang penting."

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024