Barclays PHK 2100 Karyawan

VIVAnews - Perusahaan penyedia layanan finansial terkemuka, Barclays PLC, berencana memutuskan hubungan kerja (PHK) 2.100 karyawan di unit perbankan komersial dan ritelnya.

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Rencana tersebut diumumkan Rabu, 14 Januari 2009, sehari setelah Barclays mengumumkan PHK karyawan di divisi investasi, dengan jumlah yang sama.

"Barclays terus-menerus meninjau unit operasi dan sumber daya perusahaan sehingga mereka dapat berfungsi efektif seiring kebutuhan bisnis dan berkembangnya permintaan konsumen," kata pihak Barclays dalam sebuah pernyataan. "Dalam kondisi pasar seperti sekarang, ini sangat penting."

Sebelumnya, Barclays telah memecat 2.100 karyawan di perbankan investasi, manajemen pembiayaan, dan unit perbankan swastanya agar dapat bertahan dari terpaan krisis ekonomi.

Pemecatan itu memastikan bahwa Barclays Capital, divisi Barclays Wealth dan Barclays Global Investors "memiliki ukuran tepat untuk kondisi pasar saat ini," kata juru bicara Barclays Wealth, Simon Eaton. Selasa lalu Eaton mengatakan bahwa akan terus meningkatkan secara selektif unit perusahaan yang sedang berkembang.

Barclays sedang mengumpulkan portfolio ekuitas tunai setelah membeli Lehman Brothers, September 2008. Bukannya menerima dana talangan pemerintah, Barclays justru berusaha menarik investor dari Timur Tengah, termasuk dari keluarga kerajaan Qatar dan Abu Dhabi, untuk mengumpulkan dana lebih dari 5 miliar poundsterling.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Awalnya, pasar menyambut baik keputusan Barclays yang ingin tetap independen dari pemerintah. Namun sejak itu, para penasihat investor mempertanyakan kalau-kalau kesepakatan dengan pemerintah mungkin sebenarnya akan lebih baik.

Bank terbesar keempat di Inggris ini mempekerjakan sekitar 135 ribu karyawan di berbagai negara, pada awal 2008 lalu. Akibat kredit macet, sektor perbankan memang harus berusaha keras agar bisa bertahan, salah satu cara adalah dengan mengurangi jumlah karyawan.

GMAC, HSBC, Commerzbank, Royal Bank of Scotland, Citigroup, Credit Suisse, Nomura, American Express, dan beberapa bank lain telah puluhan dari ribuan karyawan mereka sejak awal September 2008.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Pusat Penelitian Bisnis dan Ekonomi London melaporkan bahwa 28 ribu karyawan di bidang pelayanan finansial di Inggris telah kehilangan pekerjaan pada tahun lalu. Dan tahun ini, diperkirakan sekitar 34 ribu lagi karyawan akan mengalami nasib serupa. (AP)

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024