Dugaan Suap KPPU

Hakim Agung Bersaksi di Pengadilan

VIVAnews - Sidang lanjutan kasus dugaan suap di Komisi Pengawas Persaingan Usaha kembali digelar. Rencananya, hakim agung dan tiga komisioner bakal bersaksi untuk terdakwa Billy Sindoro, mantan bos PT First Media.

Rencananya, hakim agung Syamsul Maarif akan bersaksi. Syamsul adalah mantan Ketua KPPU. Selain itu, tiga komisioner yang bakal bersaksi adalah Tadjoedin Noer Said, Anna Maria Tri Anggraini, dan Benny Pasaribu. Mereka akan bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat 16 Januari 2009, mulai pukul 09.00 WIB.

Dalam persidangan dengan terdakwa Billy, terungkap komisioner Tadjuddin Nur Said yang memperkenalkan Billy ke M Iqbal, komisioner KPPU yang diduga menerima uang dari Billy.

Dalam persidangan dengan terdakwa Billy Sindoro terungkap, dia sering berkomunikasi dengan Iqbal sebelum hingga setelah putusan sengketa hak siar Liga Inggris dibacakan majelis hakim komisi antimonopoli. Billy bahkan pernah menitipkan injunction (usulan putusan) kepada Iqbal, yang merupakan anggota majelis perkara hak siar Liga Inggris.

Dalam putusan, komisi antimonopoli memutuskan ESPN STAR Sports (ESS) dan All Asia Multimedia Networks, FZ-LLC (AAMN) terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 16 UU Nomor 5 Tahun 1999 sedangkan PT Direct Vision (PTDV) dan Astro All Asia Networks, Plc (AAAN) tidak terbukti melanggar Pasal 16 dan Pasal 19 huruf (a) dan (c) UU Nomor 5 Tahun 1999.

Majelis mengeluarkan putusan pada 29 Agustus 2008 yang mencantumkan amar injuction yang diinginkan terdakwa. Putusan bernomor 03/KPPU-L/2008 berbunyi All Asia Multimedia Networks, FZ-LLC untuk menjaga dan melindungi kepentingan konsumen TV berbayar di Indonesia dengan tetap mempertahankan kelangsungan hubungan usaha dengan Direct Vision dan tidak menghentikan seluruh pelayanan kepada pelanggana sampai adanya penyelesaian hukum mengenai status kepemilikian PT Direct Vision.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada
Raffi Ahmad

Cerita Mistis Raffi Ahmad Melihat Komedian Sapri Sebelum Meninggal

Raffi menceritakan kejadian anehnya saat berada di lokasi syuting, saat itu ia melihat sosok Sapri di tengah kerumunan. Padahal yang ia tahu, saat itu Sapri sedang sakit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024