Pengusaha Sepatu Minta Dukungan Pemerintah

VIVAnews - Terlepas dari soal stimulus fiskal yang urung diberikan pada industri tekstil dan alas kaki, pengusaha mengusulkan dukungan pemerintah pada akses pasar. 

"Dalam pembahasan bersama Menko Perekonomian, asosiasi tekstil, dan alas kaki, meminta dukungan pemerintah untuk bisa penetrasi pasar Asean," kata Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian Anshari Bukhari di kantornya, Jakarta, Jumat 16 Januari 2009.
 
Potensi pasar yang bisa dikejar di negara-negara Asean, menurut Anshari, diperkirakan mencapai US$ 10 miliar. Pengusaha melihat, industri tekstil di negara Asean sudah terintegrasi dengan baik, tarif rendah, dan potensinya bisa dioptimalkan.
 
Karena itu, dia mengatakan, pemerintah akan mendukung pengusaha yang mengikuti beberapa pameran internasional. Rencananya, dalam waktu dekat pengusaha industri tekstil akan mengikuti pameran internasional di Vietnam dan Thailand. Sedangkan industri alas kaki sedang mempersiapkan keikutsertaan dalam pameran di Jerman dan Italia. "Pemerintah akan dukung untuk membuka akses pasar baru," katanya.
 
Pemerintah dalam waktu dekat akan mengadakan pameran nasional alas kaki. "Sekitar pertengahan Februari 2009," kata Anshari. Pameran tersebut untuk menumbuhkan kecintaan pada produk dalam negeri.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final
Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan

Presiden PKS menyatakan menghormati putusan MK atas perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 meski tidak sesuai dengan keinginan dan harapan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024