Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

"Saya Khawatir Ada Kaitannya dengan Pemilu"

VIVAnews - Penyebab pasti kebakaran di Depo Pengisian Bahan Bakar Plumpang, Jakarta Utara, belum diketahui. Namun, sudah banyak dugaan terkait penyebab kebakaran itu.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Akbar Tandjung meminta polisi menyelidiki penyebab kebakaran secara serius dan seksama. "Apakah ada unsur-unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu," kata Akbar kepada VIVAnews, Senin 19 Januari 2008.

Kata Akbar, bukan tak mungkin ada muatan politis dibalik peristiwa itu. Atau sebaliknya, bisa jadi kebakaran itu disebabkan soal teknis. Menurut dia, harus dilihat apa penyebabnya. "Tapi saya khawatir menjelang pemilu ada dugaan politik yang jelas. Ada dugaan orang-orang ingin menciptakan suasana yang tidak kondusif," tambah dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Agung Laksono menilai tidak menutup kemungkinan ada tudingan muatan politis dalam insiden kebakaran tanki berkapasitas lima ribu kiloliter itu. Maka itu, Agung melanjutkan, itu sudah menjadi tugas kepolisian untuk memeriksa dan mengusut.

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi Minggu, 18 Januari 2009, sekitar pukul 21.00 WIB. Kebakaran tersebut baru bisa dipadamkan pada Senin, 19 Januari 2009, sekitar pukul 06.00 WIB. Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dan Gubernur DKI Fauzi Bowo langsung menuju lokasi kebakaran.

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu
Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Rektor Universitas Nasional El Amry Bermawi Putera bentuk Tim Pencari Fakta dugaan pencatutan nama dalam publikasi jurnal internasional yang melibatkan Kumba Digdowiseiso

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024