Lingkungan Pesisir Jakarta Terancam Punah

VIVAnews - Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jakarta memperkirakan akan terjadi peningkatan degradasi lingkungan hidup di Jakarta. Hal itu meliputi aspek sosial baik yang alami maupun buatan.
 
"Indikasi itu bukan tanpa dasar jika melihat program megaproyek reklamasi pantura yang rencananya akan terus dibangun pemerintah DKI," ujar Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Slamet Daroyani dalam diskusi "Jakarta Semakin Tidak Bersahabat' di Gedung YLBHI, Jakarta Pusat, Senin 20 Januari 2009.
 
Akibatnya, Slamet melanjutkan, megaproyek itu akan berdampak fatal bagi konsep pembangunan berkelanjutan di Jakarta. Sebab, pembangunan itu akan mempercepat proses pengrusakan lingkungan hidup dan penghilangan hak-hak rakyat atas sumber kehidupan terutama di pesisir Utara Jakarta.
 
Selain itu, penyebab lainnya juga disebabkan karena maraknya perizinan pembangunan properti kelas atas, baik hunian maupun secara bisnis. Hal itu, mengakibatkan terjadi sekat-sekat sosial dan komunitas diantara penduduk Jakarta. "Bahkan konsep pembangunan kota tanpa mempertimbangkan kondisi lingkungan," kata dia.
 
Minimnya ruang terbuka hijau atau Ruang Terbuka Hijau di Jakarta juga menjadi salah satu penyebabnya. Jumlah terget Ruang Terbuka Hijau yang dipublikasikan pemerintah daerah Jakarta kurang lebih 13 persen belum tercapai. "Itu mempengaruhi daya dukung lingkungan di Jakarta menjadi rendah," terang dia.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek
Rizky Febian dan Mahalini

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Raffi Ahmad kembali ramai diperbincangkan. Kali ini, ia mencuri perhatian lantaran mengajukan diri untuk menjadi pembawa acara atau MC dalam acara pernikahan Rizky Febian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024