Cantik Alami dengan Pepaya

VIVAnews – Buah tropis yang satu ini sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Paling pas disajikan untuk penyegar setelah makan. Manfaatnya untuk kesehatan dan memperlancar pencernaan pun tentu sudah kita ketahui.

Ayahanda Teuku Ryan Angkat Bicara Soal Masalah Rumah Tangga Anaknya dengan Ria Ricis

Tapi penggunaan pepaya untuk perawatan kecantikan belum terlalu banyak dilakukan. Padahal buah, daun hingga biji pepaya banyak khasiatnya untuk merawat tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Perawatan apa saja yang bisa dilakukan dengan pepaya?

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Kulit
Vitamin A dan C, beta karoten, dan enzim papain yang terkandung dalam pepaya tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa dijadikan bahan perawatan kulit. Saat ini, papain dijadikan bahan dasar pembuatan krim pembersih dan pelembab wajah dan tubuh.

Enzim ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, pepaya bisa juga menghilangkan noda hitam atau flek pada kulit akibat terbakar matahari.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Lakukan perawatan dengan masker pepaya supaya kulit lebih halus, cerah dan kenyal.

Bahan:
-    ¼ buah pepaya matang, haluskan
-    1 sendok air lemon
-    1 sendok madu

Campurkan seluruh bahan, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan hingga adonan agak mengering. Gosok-gosok pada bagian kulit yang mengering atau terdapat flek hitam. Lalu cuci wajah hingga bersih.

Perawatan tersebut juga bisa dilakukan untuk mengusir jerawat dan menghilangkan bekasnya dari wajah. Sehingga wajah Anda kembali mulus.

Buah pepaya atau getah daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kaki kering dan tumit pecah-pecah.

Rambut
Untuk mengembalikan kilau rambut yang kering dan kusam, manfaatkan biji pepaya. Ambil biji pepaya, jemur hingga kering. Lalu tumbuk halus. Campurkan biji tersebut dengan kuning telur ayam, santan kelapa, atau madu. Lalu lulurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

Pijat-pijat kulit kepala hingga ramuan meresap. Kemudian bungkus rambut dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Biarkan selama 30 menit, lalu keramaslah seperti biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya